Advertisement

Pedagang Pasar Godean Ngadu ke ORI, Disperindag Sleman Sebut Miskomunikasi

Anisatul Umah
Minggu, 18 Desember 2022 - 16:47 WIB
Jumali
Pedagang Pasar Godean Ngadu ke ORI, Disperindag Sleman Sebut Miskomunikasi Suasana los pakaian di Pasar Godean, Kamis (21/5/2020). - Harian Jogja/Lajeng Padmaratri\\n

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Aduan pedagang Pasar Godean ke kantor Ombudsman RI (ORI) DIY, Kamis (15/12/2022), terkait kondisi tempat transit mendapatkan tanggapan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sleman.

BACA JUGA: Akhir Bulan Ini, Pedagang Pasar Godean Pindah ke Tempat Transit

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Sekretaris Disperindag Sleman Tina Hastani mengatakan tetap akan mengupayakan ribuan pedagang pindah bulan ini. Menurutnya kedatangan pedagang ke kantor ORI DIY hanya miskomunikasi saja. Mereka menanyakan kenapa harus transit dulu sebelum dipindahkan ke tempat relokasi. Padahal, ini sudah dijelaskan saat sosialisasi.

"Jadi transit itu sebenarnya upaya pemerintah kabupaten (Pemkab) supaya pedagang tidak libur berjualan. Intinya Pemkab Sleman selalu mengupayakan yang terbaik untuk semua," ucapnya, Minggu (18/12/2022).

Revitalisasi Pasar Godean, kata Tina, akan selalu melibatkan pedagang melalui pengurus paguyuban pedagang pasar. Disperindag akan kerja sama dengan pedagang dan mendukung revitalisasi pasar.

"Untuk pemindahan kami upayakan bulan ini. Alhamdulillah setelah kami jelaskan, semua memahami dan tercerahkan. Kesalahpahaman salah persepsi sudah terurai dengan baik," jelasnya.

Kepala Pemeriksaan Laporan ORI DIY, Jaka Susila Wahyuana mengatakan aduan berasal dari Asosiasi Pedagang Pasar Indonesia (APSI) terkait rencana pemindahan pedagang ke tempat transit. Sebagian pedagang keberatan, sehingga ORI DIY memfasilitasi pertemuan APSI, perwakilan pedagang, dan Disperindag Sleman.

"Pada awalnya APSI keberatan dan tidak menginginkan transit di tiga tempat. [mereka] memperoleh penjelasan dari Disperindag bahwa situasi dan kondisi tidak memungkinkan langsung direlokasi ke satu tempat," kata Jaka.

Setelah mendapatkan penjelasan, APSI dan perwakilan pedagang bisa menerima. Dengan catatan Disperindag memastikan jadwal pemindahan dan pembongkaran dari Pasar Godean ke tempat transit.

"Serta diberikan kebebasan para pedagang untuk memilih ingin transit di mana selama itu bisa diakomodir semua diberikan ruang untuk diakomodasi," paparnya.

Selama proses pemindahan Disperindag akan memasang media sosialisasi di Pasar Godean. Berupa banner yang berisi jadwal pemindahan dan pembongkaran.

"Serta menyediakan helpdesk untuk memudahkan pedagang menyampaikan berbagai keluhan selama proses pemindahan," jelasnya.

Pekan depan ORI DIY akan melakukan monitoring pelaksanaan hasil pertemuan untuk memastikan Disperindag menjalankan komitmennya hasil dari pertemuan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Begini Cara Pangeran Arab Saudi Nikmati Kekayaan

News
| Senin, 06 Februari 2023, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Kunjungan Malioboro Meningkat, Oleh-oleh Bakpia Kukus Kebanjiran Pembeli

Wisata
| Senin, 06 Februari 2023, 10:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement