Advertisement

KPU Verifikasi Ulang, Partai Ummat DIY Yakin Bisa Jadi Peserta Pemilu 2024

Sunartono
Rabu, 21 Desember 2022 - 18:27 WIB
Budi Cahyana
KPU Verifikasi Ulang, Partai Ummat DIY Yakin Bisa Jadi Peserta Pemilu 2024 Amien Rais - Antara/Sigid Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Komisi Pemilihan Umum (KPU) akhirnya memutuskan melakukan verifikasi ulang terhadap Partai Ummat pada dua provinsi setelah dimediasi oleh Bawaslu RI.

DPW Partai Ummat DIY optimistis bakal bisa menjadi peserta Pemilu 2024 dengan adanya keputusan tersebut. Pengurus DIY bahkan menggalang donasi dari para kader untuk membantu sumber daya manusia di dua provinsi yang sedang menjalani verifikasi ulang.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Partai Ummat menggugat sengketa KPU ke Bawaslu RI karena tidak lolos sebagai peserta Pemilu 2024 dengan menggandeng mantan Wamenkumham Denny Indrayana. Mediasi antara KPU dan Partai Ummat yang ditengahi oleh Bawaslu RI digelar pada Selasa (20/12/2022) memutuskan verifikasi ulang pada dua provinsi yaitu Sulawesi Utara dan Nusa Tenggara Timur. Karena dua provinsi ini dinilai masih belum memenuhi syarat.

BACA JUGA : Amies Rais Sebut Partai Ummat Gagal karena Pemerintah 

Ketua DPW Partai Ummat DIY Dwi Kuswantoro mengatakan keputusan verifikasi ulang menjadi angin segar bagi Partai Ummat DIY untuk menjadi peserta dalam Pemilu 2024. Karena secara struktural dan berbagai kesiapan. Menurutnya Partai Ummat jauh lebih siap bertarung dibandingkan partai baru lainnya. Selain itu Dwi melihat, langkah verifikasi ulang ini sebagai bagian dari mewujudkan demokratisasi, karena siapa pun boleh mendirikan partai politik setelah reformasi.

“Dan kami dari Partai Ummat ini semuanya dari nol, berdiri sendiri dengan dana kader sendiri ingin menjadi bagian dari upaya mewujudkan demokrasi. Maka sudah seharusnya kami didengarkan, karena kami yakin hakekatnya partai kami secara struktural siap,” katanya melalui sambungan telepon, Rabu (21/12/2022).

Dwi menambahkan dengan adanya verifikasi ulang ini, ia opitmistis partainya bakal menjadi peserta Pemilu 2024 sehingga dapat berkontribusi terhadap pembangunan dan perpolitikan di tanah air. Menurutnya seluruh pengurus daerah saat ini sedang fokus membantu dua DPW yaitu Sulut dan NTT yang memiliki waktu singkat dalam verifikasi ulang. Tidak hanya dukungan moral, secara material juga diberikan karena proses verifikasi butuh akomodasi.

BACA JUGA : Diwakili Denny Indrayana, Partai Ummat Besutan Amien Rais

“Kami dari DIY juga melakukan bantingan, donasi untuk membantu dua daerah yang sedang dilakukan verifikasi ulang. Bahkan ada beberapa tokoh yang beliau bukan bagian dari Partai Ummat di struktural tetapi ikhlas memberikan donasi juga,” ucapnya.

Ketua Majelis Syuro Partai Ummat Amien Rais mengaku sempat menangis dalam hati ketika mendapatkan keputusan hasil mediasi bahwa Partai Ummat akan dilakukan verifikasi ulang. Apalagi proses mediasi berlangsung dengan suasana cair dan saling memberikan argumen kedua pihak.

“Saya menangis dalam hati setelah mendapatkan laporan dari pihak kami yang datang ke Bawaslu suasananya sangat cair, penuh keihklasan terbuka semoga kalau kami lolos pun akan terus seperti ini, kami open tetap open mind, semua bisa transparan,” kata Amien dalam konferensi pers daring, Selasa malam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jasad Pasutri asal Karanganyar Ditemukan Mengapung di Sungai Bengawan

News
| Senin, 30 Januari 2023, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Tanggal Tua tapi Pengin Piknik? Bisa kok

Wisata
| Minggu, 29 Januari 2023, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement