Advertisement

Ada Gempa di Gunungkidul, Banyak Warga Tidak Merasakan

David Kurniawan
Kamis, 22 Desember 2022 - 14:17 WIB
Budi Cahyana
Ada Gempa di Gunungkidul, Banyak Warga Tidak Merasakan Foto ilustrasi. - Antara Foto

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDULGunungkidul diguncang gempa Bumi dengan magnitudo 3,0 pada Kamis (22/12/2022) sekitar pukul 12.58 WIB. Meski demikian, banyak warga yang tidak merasakan aktivitas kegempaan ini.

Berdasarkan keterangan tertulis dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) lokasi gempa berada 8.98 lintang selatan dan 110.36 bujur timur atau berada di sisi barat daya Gunungkidul dengan jarak sekitar 113 kilometer. Adapun pusat gempa berada di kedalaman sekitar 24 kilometer.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Salah seorang warga Wonosari, Heri Prastawa, mengaku tidak merasakan gempa yang terjadi di wilayah Gunungkidul. Ia mengetahui kabar ini melalui media sosial.

“Saya sedang ngobrol dengan teman, saat buka gawai tahu-tahu ada informasi gempa di Gunungkidul. Jadi, memang saya tidak merasakannya,” katanya, Kamis siang.

Hal senada diungkapkan oleh Hendro, salah seorang warga Kalurahan Karangduwet, Paliyan. Informasi gempa diterima lewat pesan berantai dari grup WA.

Meski lokasinya berada di wilayah Gunungkidul, ia mengaku tidak merasakan adanya getaran gempa di rumahnya. “Kebetulan sedang di rumah, tapi tidak ada getaran sama sekali,” katanya.

BACA JUGA: Dentuman Keras pada Kamis Siang di Gunungkidul Masih Jadi Misteri

Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana, BPBD Gunungkidul Agus Wibawa Arifianto membenarkan adanya aktivitas kegempaan di kawasan Gunungkidul. Hal ini terlihat dari data yang dikeluarkan dari BMKG.

Meski demikian, ia mengakui gempa ini tidak dirasakan oleh masyarakat. selain itu, juga tidak ada laporan kerusakan berkaitan dengan kejadian tersebut. “Belum ada laporan berkaitan dengan kerusakan akibat gempa ini,” katanya.

Dia menambahkan alat deteksi gempa di Gunungkidul sudah ada yang terpasang. Salah satunya berada di gedung BPBD Gunungkidul. “Pada saat gempa akan ada deteksi dan secara otomatis mengirimkan data yang terekam ke BMKG,” katanya. (David Kurniawan)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pesawat Susi Air Dibakar di Papua, Pilot dan Penumpang Hilang

News
| Selasa, 07 Februari 2023, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Ikuti Post-tour ATF, Banyak Peserta Terkesan dengan Objek Wisata DIY

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 10:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement