Advertisement

Festival Budaya 2022 di Cupuwatu Kalasan Berlangsung Meriah

Galih Eko Kurniawan
Sabtu, 24 Desember 2022 - 00:27 WIB
Galih Eko Kurniawan
Festival Budaya 2022 di Cupuwatu Kalasan Berlangsung Meriah Pelaksanaan Festival Budaya 2022 di Cupuwatu, Kalasan, Sleman, Jumat (23/12/2022). - Harian Jogja - ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Padukuhan Cupuwatu II dan I di Kalurahan Purwomartani, Kapanewon Kalasan, Sleman menggelar Festival Budaya 2022, Jumat (24/12/2022).

Agenda yang diisi dengan beragam kegiatan, seperti merti sumber air dan kenduri budaya ini sebagai bentuk syukur atas karunia Sang Pencipta sepanjang 2022 sekaligus doa keselamatan untuk tahun berikutnya.

Advertisement

Dukuh Cupuwatu II Kuncoro Eko Wibowo memaparkan Festival Budaya 2022 diawali dengan upacara ritual khusus merti sumber Cupu Kahuripan yang dilanjutkan dengan kirab bregada yang dikuti oleh semua warga.

“Cupuwatu patut berbangga karena menyimpan banyak sejarah dan artefak, antara lain tentang peradaban kuno zaman Kediri, sumur tua sumber air pabrik gula Berbah, sejarah takhta untuk rakyat Sri Sultan HB IX berupa Selokan Mataram serta sejarah Kalasan sebagai kabupaten pertama di DIY,” ungkapnya, Jumat.

Ketua Panitia Festival Budaya 2022 Joni Susanto mengatakan agenda kali ini berbeda dengan penyelenggaraan tahun sebelumnya karena merti sumber dan kirab dilaksanakan pada sore hari. Beda dengan sebelumnya yang dilaksanakan pada malam hari.

Untuk malam harinya ada pementasan sendratari Babad Cupuwatu yang menceritakan sejarah asal muasal sumber Cupu Kahuripan dan Cupuwatu yang melibatkan 90 pelaku seni dan pengrawit Anggit CS.

Ada pula pentas jathilan dari Dor Jolodoro dan Mudho Prasetyo. Pentas hiburan turut dimeriahkan pesinden Fendy dan Hilka serta ada jathilan Putri Nyemuk CS. Festival budaya juga dimeriahkan dengan bazzar rakyat yang di ikuti 46 UMKM se- Purwomartani.

Tokoh masyarakat sekaligus pelaku seni budaya, Purwoto, mengaku salah satu hal yang bisa dibanggakan dari agenda ini adalah semua elemen masyarakat di Cupuwatu bisa bersama-sama hidup berdampingan membangun keselarasan dengan sesama, alam dan Sang Pencipta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Pastikan Tidak Impor Bawang Merah Meski Harga Naik

News
| Kamis, 25 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement