Advertisement

Pohon Tumbang Timpa Mobil Wisatawan di Jalan Parangtritis, Dua Orang Terluka

Ujang Hasanudin
Senin, 26 Desember 2022 - 16:37 WIB
Bhekti Suryani
Pohon Tumbang Timpa Mobil Wisatawan di Jalan Parangtritis, Dua Orang Terluka Kondisi mobil wisatawan setelah tertimpa pohon tumbang di Jalan Parangtritis KM 4,5, Dusun Druwo, Kalurahan Bangunharjo, Kapanewon Sewon, Bantul, Senin (26/12/2022) - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Hujan lebat yang terjadi Senin (26/12/2022) di wilayah Bantul dan sekitarnya menyebabkan pohon tumbang dan menimpa mobil wisatawan yang melintas di Jalan Parangtritis KM 4,5 Dusun Druwo, Kalurahan Bangunharjo, Kapanewon Sewon, Bantul, tepatnya di depan Gardu PLN Druwo.  Akibat kejadian tersebut, dua penumpang mengalami luka-luka. Kondisi mobil juga mengalami ringsek.

Kapolsek Sewon, Kompol Suyanto mengatakan peristiwa itu terjadi sekitar pukul 12.05 WIB. Saat itu kondisi hujan lebat di sekitar lokasi kejadian. Mobil Toyota Calya bernomor polisi AA 9490 WD dari arah selatan atau dari Parangtritis dan hendak menuju kawasan wisata di Jogja tepatnya mau ke Gembira Loka Zoo.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Sampai lokasi kejadian, mobil berpenumpang enam orang tersebut tertimpa pohon trembesi yang ada di barat jalan. “Mobil dari arah selatan menuju utara, tiba-tiba di depan Gardu PLN Druwo, pohon di sebelah barat jalan  tumbang dan menimpa  kendaraannya bagian belakang sehingga mengalami kerusakan  atau ringsek,” katanya, saat dihubungi Senin (26/12/2022).

Selain menimpa mobil yang dikemudikan oleh Lia Apriana, 38, warga Klepusanggar RT 05 RW 2, Sruweng, Kebumen, Jawa Tengah, pohon rembesi beriameter 50 sentimeter tersebut melintang di jalan sehingga menutup kedua ruas jalan. Sejumlah aparat dari kepolisian, TNI, anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), PMI dan sejumlah sukarelawan kebencanaan tiba di lokasi kejadian untuk mengevakuasi korban dana pohon tumbang, sehingga Senin sore jalan sudah bisa dilalui.

Sementara mobil dibawa ke bengkel setempat. Adapun korban luka adalah Nada, 6, mengalami luka lecet di bagian pipi kanan atas dan Muhammad Daroil, 71, luka lecet di bagian kepala. Keduanya menjalani rawat jalan di Puskesmas Sewon. “Sementara penumpang lainnya tidak mengalami luka. Mereka adalah Suyadi, 38; Hilda, 8; dan Rafanda, 4.” Kata Suyanto.

BACA JUGA: Tren Naik, Warga Diminta Waspada Ancaman Demam Berdarah

Kepala Pelaksana BPBD Bantul, Agus Yuli Herwanta mengatakan penyebab kejadian pohon tumbang tersebut karena akar pohon milik Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) itu sudah rapuh. “Kerugian dari kejadian ini mencapai sekitar Rp150 juta,” katanya.

Ia menambahkan, sebelum kejadian, mobil yang dikendarai korban sempat mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) dan melaksanakan salat zuhur di SPBU Sewon atau sekitar satu kilometer dari TKP. Kemudian melanjutkan perjalanan ke arah utara. Rencananya rombongan wisatawan satu keluarga tersebut hendak melanjutkan liburan di Gembira Loka Zoo, Jogja. Namun nahas korban mengalami kecelakaan.

Pihaknya sudah menyamapikan kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk melakukan pemangkasan pohon-pohon yang rindang terutama yang berada di tempat-tempat berpotensi membahayakan jiwa ketika tumbang atau roboh.

Agus juga mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan karena musim hujan ini akan berlangsung sampai Februari tahun depan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Minta Seluruh Kader Kecamatan Menangkan Prabowo, Sekjen Gerindra Klaim Demi Selamatkan Rakyat

News
| Minggu, 05 Februari 2023, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Sungai Ini Punya Air Super Jernih, Hingga Perahu yang Melintas Seperti Melayang di Udara

Wisata
| Sabtu, 04 Februari 2023, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement