Advertisement

Perayaan Tahun Baru 2023, Ribuan Lampion Dilepas ke Langit Girimulyo

Catur Dwi Janati
Minggu, 01 Januari 2023 - 06:57 WIB
Sunartono
Perayaan Tahun Baru 2023, Ribuan Lampion Dilepas ke Langit Girimulyo Ribuan pengunjung melepas lampion di Kopi Ingkar Janji, Girimulyo pada malam pergantian tahun baru, Sabtu (31/12/2022). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati.

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Ribuan lampu lampion menghiasi langit malam kawasan Girimulyo, Kulonprogo pada malam pergantian tahun. Ribuan orang dari berbagai daerah datang untuk merayakan tahun baru dengan kesan unik lewat melepas lampion sebagai simbol harapan.

Pelepasan seribu lampion ini digelar di kedai Kopi Ingkar Janji, Pendoworejo, Girimulyo. Manajer Kopi Ingkar Janji, Muhammad Arif Ridho menerangkan setidaknya ada 2000-3000 orang yang merayakan tahun baru di Kopi Ingkar Janji. Lampion-lampion yang disediakan pun laris diborong para pengunjung.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

"Kami menyediakan 1000 lampion. Kalau pengunjung yang datang kebetulan kita bisa sampai full ini tempat habis tiket habis sekitar 2000-3000-an," terangnya pada Sabtu (31/12/2022).

BACA JUGA : TAHUN BARU 2023: Titik Nol Kilometer hingga Tugu Jogja Jadi Lautan Manusia

Pelepasan lampion dipilih sebagai simbol harapan yang dilepaskan pasca dua tahun dilanda pandemi. "Jadi kan kita dua tahun yang lalu tidak merayakan tahun baru nih secara ramai-ramai. Harapannya dengan diterbangkan lampion ini jadi mengirim harapan teman-teman semuanya," ujarnya.

"Harapan masyarakat Indonesia ini agar nanti tahun 2023 menjadi lebih baik. Jadi seperti doa, doa yang dituliskan di lampion kemudian diterbangkan," katanya.

Salah satu peserta pelepasan lampion, Leny Nindya mengaku sangat senang dapat merayakan malam pergantian tahun baru di kawasan Menoreh. Wisatawan asal Kalimantan tersebut sengaja datang ke Jogja untuk berlibur. Dari medsos, ia tahu ada pelepasan lampion sehingga rela datang jauh-jauh ke Girimulyo.

"Jauh-jauh, kita baru sampai tadi magrib, terus langsung kesini. Kesannya acaranya seru, kemudian unik. Yang lain-lain kan cuma makan live music, di sini kita bisa live music sekalian kita bisa pesta kembang api dan juga ada lampionnya," tuturnya.

"Aku sengaja banget ke sini, karena event-event sebelumnya kita pandemi Covid, jadi mumpung sekarang mulai menurun jadi pengen banget merasakan tahun baru yang berbeda yaitu dengan pelepasan lampion ini," ujarnya.

BACA JUGA : Simak! Ini Negara Paling Pertama dan Terakhir Rayakan Malam Pergantian Tahun 2023

Pengunjung lainnya yang Yumanita dan Abhar mengaku senang mengikuti kegiatan pelepasan lampion ini. Mahasiswa asal UNY tersebut mengaku harga yang diberikan dalam acara pelepasan lampion ini sangat terjangkau. Meski sempat beberapa kali kesusahan menerbangkan lampion miliknya, tapi mereka merasa seru dapat merayakan tahun baru dengan pelepasan lampion.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Peringati Satu Tahun Perlawanan, Warga Wadas Gelar Pentas Seni dan Dirikan Patung

News
| Kamis, 09 Februari 2023, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Hyatt Regency Yogyakarta Hadirkan Sunday Brunch dengan Live Painting

Wisata
| Kamis, 09 Februari 2023, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement