Advertisement

Pedagang Jalan Perwakilan Malioboro Mengaku Ditipu Pemegang Hak Kekancingan

Yosef Leon
Rabu, 04 Januari 2023 - 18:52 WIB
Budi Cahyana
Pedagang Jalan Perwakilan Malioboro Mengaku Ditipu Pemegang Hak Kekancingan Jalan Perwakilan, Jogja. - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Para pedagang di Jalan Perwakilan, kawasan Malioboro, Jogja, yang dipindah mengaku ditipu sehingga tidak memiliki legalitas untuk menempati kawasan tersebut.

Koordinator Forum Komunikasi Koordinasi Perwakilan Adi Kusuma memberikan penjelasan soal legalitas pedagang yang beraktivitas di Jalan Perwakilan. Ia mengaku para pedagang dan penyewa bangunan di kawasan itu selama ini ditipu oleh pemilik hak kekancingan tanah.

Advertisement

BACA JUGA: Sebelumnya Disebut Sultan Ilegal, Kios di Jalan Perwakilan Malioboro Disegel Aparat

Adi menjelaskan pemilik hak kekancingan menyatakan izin beraktivitas atas tanah di Jalan Perwakilan masih aktif. Padahal sejak 2000, Panitikismo atau lembaga Kraton Jogja yang berwenang mengeluarkan kekancingan sudah tidak lagi memperpanjang izin hak kekancingan atas tanah di kawasan itu. Para pedagang menyebut tetap membayar sewa kepada pemilik hak kekancingan lama.

BACA JUGA: Banyak Warga Bantul Jadi Korban Perumahan Mangkrak, Begini Modusnya

“Itu urusan kami dengan yang menipu tetapi masalahnya begini, kalau Pemkot Jogja usul tempat ini digunakan sama Pemda, sejak tahun 2000 ini Pemda dan Pemkot pernah enggak hadir di Jalan Perwakilan? Tidak ada kontrol yang membuat adanya permasalahan itu,” ujarnya, Rabu (4/1/2023).

“Kami ditipu, terus disuruh bagaimana? Melawan penipu yang menyewakan lahan itu harus bayar lawyer mahal. Iya kalau kami menang,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement