Advertisement

Peringati HUT ke-70, DPRD Kulonprogo Gelar Anjangsana dan Ziarah Kubur

Media Digital
Jum'at, 06 Januari 2023 - 20:47 WIB
Bhekti Suryani
Peringati HUT ke-70, DPRD Kulonprogo Gelar Anjangsana dan Ziarah Kubur Susana anjangsana dan ziarah kubur DPRD Kulonprogo pada Jumat (6/1/2023) untuk memperingati HUT ke-70 DPRD Kulonprogo - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO– DPRD Kulonprogo menggelar anjangsana dan ziarah ke sejumlah tokoh masyarakat dan pemuka agama di Kulonprogo serta ziarah kubur ke para leluhur. Kegiatan silaturahmi ini digelar memperingati HUT ke70 DPRD Kulonprogo.

Ketua DPRD Kulonprogo, Akhid Nuryati menuturkan anjangsana dan ziarah kubur kepada tokoh-tokoh ini mengawali Hari Jadi ke-70 DPRD Kulonprogo. Anjangsana dan ziarah dinilai penuh dengan nuansa spiritualitas bagi anggota dewan."Kegiatan pagi hari ini memang kita niatkan ataupun kita berharap dari kegiatan hari ini berkonsekuensi spiritualitas kepada seluruh anggota DPRD Kulonprogo," terangnya pada Jumat (6/1/2023).

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

"Dimana mengawali rangkaian hari jadi DPRD Kulonprogo dan mengawali kinerja di tahun 2023 ini, suruh anggota DPRD Kulonprogo diwarnai susana kebatinan meningkatkan spiritualitas untuk menghadapi tahun 2023," ujarnya.

Terlebih Akhid menilai dinamika tahun 2023 ini memiliki dinamika yang berbeda dengan 2022. Pasalnya, 2023 akan diwarnai suasana menghadapi pemilu 2024.

"Sehingga kita downgrade-kan hasrat politik itu dulu kepada asal-usul kita, bahwa apapun jabatan kita, nantinya kita akan mengakhiri hidup kita seperti para tokoh-tokoh yang sudah mendahului kita," kata dia. 

Sementara anjangsana kepada para tokoh masyarakat dan pemuka agama memiliki peran penting dalam menghimpun aspirasi dan masukan kepada dewan. "Kenapa anjangsana kepada tokoh-tokoh, tentu untuk menggali aspirasi, meminta doa restu, meminta masukan untuk pembangunan di Kabupaten Kulonprogo lebih baik," katanya.

Dalam kegiatan ini, anggota DPRD Kulonprogo dibagi dalam lima kelompok. Kelompok pertama melakukan anjangsana ke Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kulonprogo, M. Jumarin dan Ketua Tanfidziyah PCNU Kulonprogo, Lukman Arifin Fathul Huda. Rombongan ini juga melakukan ziarah ke makam Bupati Kulonprogo, Toyo Santoso Dipo.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kulonprogo, M. Jumarin mengapresiasi kunjungan DPRD Kulonprogo ke organisasi masyarakat. Paling tidak, kegiatan ini dapat makin menyatukan antara wakil rakyat dan masyakarat.

"Dan kami dari Muhammadiyah tentu banyak hal yang harus kami komunikasikan ke dewan. Karena bagaimanapun kebijakan-kebijakan pemerintah ini kan harus lewat Dewan. Kegiatan seperti ini semakin sering, apakah depan kesini atau kami depan ke DPRD, semakin sering semakin penting," tuturnya.

Menurut Jumarin keberadaan oraganisasi sosial keagamaan memperkuat fungsi-fungsi pemerintah. Sebaliknya organisasi tanpa dukungan pemerintah juga tidak mampu. "Jadi perlu ketemu perlu sinergi terus, aspirasi perlu disampaikan," lanjutnya.

Sementara itu kelompok kedua rombongan anggota dewan melakukan anjangsana ke tokoh seniman pedalangan Hadi Sugito, Tokoh agama katolik, Romo Paroki Gereja Santa Maria Bunda Penasehat Baik Wates dan ziarah kubur makam bupati pertama Kulonprogo di Krembangan.

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah, DDPRD Kulonprogo, Agung Raharja ditemui pasca melakukan ziarah ke makam bupati pertama di Krembangan menuturkan bila ziarah semacam ini untuk mengingat jasa-jasa leluhur. Kebaikan-kebaikan para leluhur dapat diambil untuk diterapkan di masa sekarang.

Kepada para tokoh masyarakat saat ini, Agung menuturkan bila anjangsana ini dapat membangun komunikasi untuk kemajuan daerah. "Karena ide-ide maupun keinginan menjadikan Kulonprogo lebih baik itu bisa datang dari mana saja," ujarnya.

Sementara rombongan ketiga anggota Dewan bersilaturahmi ke pemuka agama Buddha, agama Kristen dan melakukan ziarah ke Makam Nyi Ageng Serang. Sedangkan rombongan keempat melakukan anjangsana ke Suharmanto, Purwantini dan ziarah kubur ke makam almarhum Sudarto.

Tokoh Kulonprogo, Suharmanto mengapresiasi atas silaturahmi yang dilakukan DPRD Kulonprogo. Menurutnya kegiatan semacam ini, aspirasi-aspirasi masyarakat dapat terserap oleh DPRD dalam rangka memperkuat lembaga legislatif.

Rombongan kelima bersilaturahmi ke tokoh Agama Hindu dan Ketua Majelis Luhur Kepercayaan Terhadap Tuhan YME Kulonprogo, Tresno Raharjo serta melakukan ziarah ke makam Girigondo, Kalogintung. Ketua PHDI Kulonprogo Putu Artana berharap dari silaturahmi ini, keamanan dan kerukunan umat beragama di Kulonprogo dalat terus berjalan dengan baik.

"Kami selaku ketua PHDI Kulonprogo mengimbau kepada Umat Hindu supaya dalam berkehidupan beragama di Kulonprogo agar rukun dengan umat agama yang lain dan mendukung program-progam pemerintah," ujarnya.

Wakil Ketua DPRD Kulonprogo, Lajiyo Yok Mulyono yang ikut rombongan dalam kelompok lima menuturkan bila anjangsana ini dapat menjadi wadah mendengarkan aspirasi langsung dari para tokoh masyarakat maupun pemuka agama. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Muspusdirla Fasilitasi Program Cinta Tanah Air

News
| Rabu, 01 Februari 2023, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Seru! Ini Detail Paket Wisata Pre-Tour & Post Tour yang Ditawarkan untuk Delegasi ATF 2023

Wisata
| Rabu, 01 Februari 2023, 14:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement