Advertisement

SDN Babarsari Ajak Siswa Praktik Berwirausaha

Media Digital
Sabtu, 07 Januari 2023 - 17:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
SDN Babarsari Ajak Siswa Praktik Berwirausaha Hari terakhir peringatan hari jadi SDN Babarsari ke-47 tahun, Sabtu (7/1/2023). Anisatul Umah - Harian Jogja. (di email)

Advertisement

SLEMAN—SDN Babarsari mengenalkan dunia wirausaha kepada peserta didiknya, sebagai bentuk implementasi dari kurikulum merdeka. Kepala Sekolah SDN Babarsari, Kristianta mengatakan siswa tidak hanya mengenal materi saja, tapi juga dikenalkan dengan praktik langsung.

Kurikulum Merdeka ini, kata Kristiana, membuat peringatan hari jadi SDN Babarsari ke-47 tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Di mana pada tahun ini digelar panen karya. Siswa dikenalkan dengan kewirausahaan agar mereka paham hidup ini luas dan tidak cukup hanya dengan pengetahuan saja.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

"Bahwa ini membina jiwa kewirausahaan, sehingga punya pandangan luas. Sekarang banyak anak yang tidak tahu jadah terbuat dari apa, sawi itu usianya berapa, sudah kami praktikan," ucapnya kepada Harianjogja.com, Sabtu (7/1/2023).

Dalam penutupan peringatan hari jadi ditampilkan berbagai kreativitas siswa. Sebelumnya, ditampilkan juga dalam bentuk material seperti hasil masakan, hasil bertani, hingga kerajinan.

"Untuk memunculkan jiwa kewirausahaan kepada anak-anak, bahwa hidup ini tidak hanya pengetahuan, tapi dengan praktik nyata di kehidupan sehari-hari," jelasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, pendidikan karakter menjadi unggulan di SDN Babarsari. Karakter terkait sopan santun hingga menghargai orang lain dibentuk di sekolah. "Berkarakter dan berbudi pekerti luhur, hingga bisa menghargai orang lain," lanjutnya.

Sementara itu, Panewu Depok Wawan Widiantoro yang turut hadir dalam acara peringatan hari jadi SDN Babarsari menyampaikan pesan, memasuki kurikulum merdeka harus ada perubahan. Kebutuhan murid dan minatnya harus dipahami agar pembelajaran bisa maksimal.

"Mudah-mudahan SDN Babarsari Depok ini jadi SD terbaik tidak hanya di Kabupaten Sleman, tapi di DIY. SD yang global. Saya harap suatu saat dari alumni akan tumbuh pemimpin terkemuka," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jasad Pasutri asal Karanganyar Ditemukan Mengapung di Sungai Bengawan

News
| Senin, 30 Januari 2023, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Tanggal Tua tapi Pengin Piknik? Bisa kok

Wisata
| Minggu, 29 Januari 2023, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement