Advertisement

Tinggalkan Motor 2 Hari, Mahasiswa UIN Jogja Mengaku Ikuti Burung dan Tersesat di Merapi

Lugas Subarkah
Rabu, 11 Januari 2023 - 17:17 WIB
Budi Cahyana
Tinggalkan Motor 2 Hari, Mahasiswa UIN Jogja Mengaku Ikuti Burung dan Tersesat di Merapi Tim SAR Gabungan menemukan mahasiswa pemilik motor Yamaha Aerox di rute pendakian Gunung Merapi, Rabu (11/1/2023). - Istimewa/Istimewa tim SAR Gabungan

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Jogja mengaku mengikuti burung dan tersesat sampai ke Gunung Merapi dan meninggalkan sepeda motor Yamaha Aerox di sebuah warung makan di Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, sejak Senin (9/1/2023).

Setelah dicari, mahasiswa tersebut ditemukan di atas pos Srimanganti Gunung Merapi, sekitar satu kilometer dari rumah almarhum Mbah Maridjan.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Peristiwa ini pertama kali diketahui oleh warga yang melihat motor tanpa pemilik diparkir di sebuah warung. Jagabaya Umbulharjo, Sriyono, mengatakan laporan ini diterima pada Rabu (11/1/2023) pukul 07.30 WIB. Setelah mengeceknya, ia mendapat keterangan dari warga setempat yang menyebut motor itu sudah diparkir sejak Senin (9/1/2023) sekitar pukul 13.00 WIB. Lantaran letak warung yang tak jauh dari jalur pendakian, warga menduga pemilik mendaki Gunung Merapi. 

BACA JUGA: Cerita Warga yang Sedih meski Mendapat Ganti Rugi Tol Jogja Solo Miliaran Rupiah

Saat pemilik motor meninggalkan motornya, pemilik warung tidak begitu memperhatikan karena warung sedang ramai. Pemilik warung pun tidak tahu apakah pemilik motor merupakan warga setempat atau bukan.

Pada Rabu (11/1/2023) siang, tim SAR gabungan mencoba mencari pemilik motor tersebut ke arah Gunung Merapi. Tim pencari terbagi dalam tiga Search and Resque Unit (SRU). Setiap SRU terdiri dari enam hingga tujuh personil.

Dugaan warga ternyata benar. Tim SAR Gabungan berhasil menemukan pemilik motor di rute pendakian Gunung Merapi. “Ditemukan siang ini di atas Pos Srimanganti, dalam keadaan sehat dan baik. Sudah dievakuasi ke bawah,” ungkapnya.

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman, Bambang Kuntoro, menjelaskan pemilik motor merupakan mahasiswa UIN Sunan Kalijaga. Dari pengakuannya, mahasiswa tersebut tersesat saat mencoba mengikuti burung. “Dia mengikuti burung, tetapi malah salah jalan,” kata dia.

Walau sudah menghilang selama dua hari di rute pendakian, saat ditemukan mahasiswa tersebut dalam kondisi baik dan bisa berkomunikasi. “Sadar, baik, bisa makan, bisa ngomong dan tahu motornya di sana. Tapi tetap ditandu dulu siapa tahu kurang fit,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Waspada Gagal Ginjal, Begini Cara Membaca Kandungan pada Kemasan Obat Sirop

News
| Selasa, 07 Februari 2023, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Kampung Batik Giriloyo yang Sempat Terpuruk Karena Gempa 2006

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 13:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement