Advertisement

Perbaikan Jalan Bergelombang ke Arah Bandara YIA Selesai Oktober 2023, Dijamin Awet

Andreas Yuda Pramono
Selasa, 17 Januari 2023 - 17:47 WIB
Budi Cahyana
Perbaikan Jalan Bergelombang ke Arah Bandara YIA Selesai Oktober 2023, Dijamin Awet Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) - Harian Jogja/Dok.

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Perbaikan jalan nasional yang melintas di Sentolo, Kulonprogo, ke arah Bandara Yogyakarta International Airport atau selesai pada Oktober 2023. Hingga kini, jalan masih menggunakan sistem buka-tutup.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 1.1 Provinsi DIY, Ersy Perdhana, mengatakan perbaikan jalan tersebut dilakukan secara bertahap sejak tahun 2017.

Advertisement

“Paket perbaikan jalan itu multiyears karena berkaitan dengan kondisi dasar tanahnya yang lunak. Jadi ada perbaikan struktur karena jalan sering bergelombang. Desain perbaikan jalannya sudah sejak 2016. Perbaikan yang sekarang itu hanya meneruskan saja dari tahun-tahun lalu,” kata Ersy dihubungi pada Selasa, (17/1/2023).

BACA JUGA: Kecewa dengan Pemerintah, Warga Tutup Jalan Masuk ke Pantai Widodaren Gunungkidul

Total panjang perbaikan jalan di Sentolo yang dimulai sejak 2022-2023 tersebut adalah 7,63 km dengan lebar jalan 11 m.

“Kami menggunakan geomembrane sebagai pemisah sehingga air tidak akan mengganggu struktur tanah. Kalau struktur tanah terganggu, atasnya ya akan mudah rusak. Sebelum diaspal pokoknya dikasih geomembrane dulu. Jadi jalan tersebut akan lebih awet,” katanya.

Perbaikan jalan masih dilakukan di sisi sebelah barat. Ini berkaitan dengan pengguna jalan yang datang dari Yogyakarta International Airport (YIA). Perbaikan jalan tersebut tahun ini menghabiskan anggaran hingga Rp50 miliar.

“Kami sampaikan permohonan maaf karena jalan yang sedang kami kerjakan mengganggu kenyamanan. Banyak macetnya yang ke arah bandara. Tapi itu usaha kami untuk melayani dari sisi penyediaan jalannya,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sheila on 7 Bikin Konser di Medan, Pertumbuhan Sektor Pariwisata di Sumut Ikut Subur

News
| Kamis, 25 April 2024, 13:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement