Advertisement

Juju-Lugas Terpilih Jadi Nahkoda Baru AJI Jogja Periode 2023-2026

Sunartono
Minggu, 22 Januari 2023 - 21:17 WIB
Sunartono
Juju-Lugas Terpilih Jadi Nahkoda Baru AJI Jogja Periode 2023-2026 Januardi Husin dan Lugas Subarkah (tengah) berfoto bersama sesaat setelah terpilih sebagai Ketua dan Sekretaris AJI Jogja dalam Konferta yang digelar Minggu (22/1/2023). - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Pasangan Januardi Husin dan Lugas Subarkah ditetapkan sebagai Ketua dan Sekretaris Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jogja periode 2023–2026 dalam Konferensi Kota (konferta) AJI Yogyakarta, Minggu (21/1/2023). Pasangan anyar ini meneruskan tampuk kepemimpinan dari pasangan Shinta Maharani (Majalah Tempo) dan Ahmad Mustaqim (Medcom.id) yang sudah demisioner di hari yang sama.

“Terima kasih kepada kawan-kawan yang mempercayakan tugas kepada saya dan Lugas untuk menahkodai AJI Jogja tiga tahun ke depan,” kata Januardi sebagaimana rilis yang diterima Harianjogja.com, Minggu.

Advertisement

Ia mengatakan ke depan banyak tantangan yang harus dijawab oleh para jurnalis di Jogja. Salah satunya adalah tahun politik, yang rentan menimbulkan masalah-masalah pada kebebasan pers. Hal ini selaras dengan tema Konferta AJI Yogyakarta kali ini, yaitu Merehabilitasi Jurnalisme di Tahun Politik.

BACA JUGA : AJI Yogyakarta dan Surakarta Kecam Pelecehan Seksual

“Ada potensi politik identitas yang bisa menggerus demokrasi dan mengancam kelompok minoritas,” kata dia.

Lugas mengatakan AJI harus terus gencar memperjuangkan kebebasan pers, keberagaman, dan kesejahteraan jurnalis di Jogja. Selain itu, pasangan Juju-Lugas ini juga mengajak para jurnalis di Jogja untuk memperkuat solidaritas dalam memperjuangkan kebebasan pers, meningkatkan profesionalisme jurnalis dan memperkuat sendi-sendi demokrasi.

“Tetap independen dan kritis pada pemerintah,” ujar Lugas.

Dalam resolusi organisasi, AJI Yogyakarta juga menyepakati beberapa poin yang mengacu pada Tri Panji AJI, yakni kebebasan pers, kesejahteraan dan profesionalisme jurnalis. Resolusi itu akan diejawantahkan dengan program-program yang dicanangkan AJI Yogyakarta.

Juju saat ini menjadi editor di JPNN.com. Karier jurnalismenya diawali di Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Arena, UIN Sunan Kalijaga. Setelah itu, ia sempat bekerja di Harian Jogja (2014–2015), Kabarkota.com (2015–2016), dan Law-Justice.co (2017–2021).

BACA JUGA : Tommy-Shinta Nakhodai AJI Yogyakarta

Karier pria asal Kalimantan ini di AJI bermula pada 2018 lalu, saat ia bergabung di divisi Advokasi AJI Jakarta. Ia lalu pindah ke Jogja sejak 2022 dan langsung bergabung dengan anggota divisi Advokasi AJI Yogyakarta.

Adapun Lugas Subarkah pernah pula mengenyam pengalaman berorganisasi di LPM Arena. Lalu melanjutkan kerja-kerja jurnalistik di Harian Jogja sejak 2019. Kariernya di AJI Yogyakarta dimulai sejak 2021 lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement