Advertisement

40.700 Wisatawan Berkunjung ke Bantul saat Libur Imlek

Ujang Hasanudin
Senin, 23 Januari 2023 - 16:17 WIB
Sunartono
40.700 Wisatawan Berkunjung ke Bantul saat Libur Imlek Suasana TPR Parangtritis. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Pariwisata Bantul mencatat jumlah wisatawan selama akhir pekan atau periode libur Imlek pada 20-22 Januari 2022 total ada 40.731 wisatawan yang berkunjung ke sejumlah destinasi di Bumi Projotamansari.

Dari jumlah tersebut paling tinggi kunjungan ke Pantai Parangtritis mencapai 35.580 orang. Sementara sisanya berkunjung ke destiansi lain yang dikelola oleh Pemkab Bantul seperti Pantai Samas sampai Pantai Pandansimo, Goa Selarong, dan Goa Cerme.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

“Jumlah ini belum termasuk masa cuti Imlek hari Senin ini yang diperkirakan bisa mencapai sekitar 6.000an selama sehari,” kata Kepala Seksi Promosi dan Informasi Wisata Dinas Pariwisata Bantul Markus Purnomo Adi, saat dihubungi Senin (23/1/2023).

BACA JUGA : Kunjungan Wisatawan di Jogja saat Libur Imlek Tak Meningkat Signifikan

Markus mengatakan kunjungan di akhir pekan kemarin mengalami peningkatan 18% jika dibanding akhir pekan sebelumnya. Adapun jumlah kunjungan pada akhir pekan sebelumnya diketahui sebanyak 34.486 orang pada periode 13-15 Desember 2023.

Selain jumlah wisatawan yang meningkat pada akhir pekan, selama sepekan juga mengalami peningkatan. Jumlah wisatawan selama sepekan pada 16-22 Januari 2023 tercatat ada sebanyak 54.825 orang dengan capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp532,1 juta. Sementara selama sepekan sebelumnya atau pada 9-15 Januari 2023 ada 50.993 orang yang berwisata dengan raihan PAD sebesar Rp496,9 juta.

“Untuk mingguan naik delapan persen, sementara pada weekend kunjungan wisatawan naik 18 persen dibandingkan biasanya,” ujarnya. Pria yang akrab disapa Ipung ini mengatakan jumlah kunjungan tersebut belum termasuk cuti bersama di hari Senin atau 23 Januari 2023.

Okupansi Hotel

Lebih lanjut Ipung mengatakan dari jumlah wisatawan yang berkunjung selama sepekan kemarin yang menggunakan pembayaran non tunai masih sedikit atau sekitar 924 orang. Sementara saat akhir pekan pembayaran non tunai sekitar 518 orang. Menurutnya, wisatawan masih belum familiar dengan pembayaran non tunai sehingga karcis pembayaran tunai tahun ini masih diperlukan.

Ketua Badan Pengurus Cabang (BPC) Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bantul, Yohanes Hendra Dwi Utomo mengatakan objek wisata di Bantul kemungkinan diserbu wisatawan selama libur Imlek terutama kawasan pantai. Namun ramainya wisatawan tidak berimbas pada okupansi atau tingkat hunian hotel.

BACA JUGA : Libur Imlek, Kunjungan Wisata di Breksi Justru Menurun

Menurut Hendra, tidak maksimalnya tingkat okupansi hotel di Bantul karena pada momentum liburan Imlek ini mayoritas wisatawan hanya singgah. Wisatawan hanya pergi mengunjungi beberapa destinasi wisata lalu pulang ke daerahnya masing-masing tanpa menginap di hotel.

“Wisatawan yang datang ke Bantul hanya singgah, misal pagi atau siang ke Pantai Parangtritis kemudian malam harinya ke Malioboro tanpa menginap di hotel,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Rekor Pertumbuhan Ekonomi Jokowi Belum Mampu Saingi Era SBY, Ini Datanya!

News
| Selasa, 07 Februari 2023, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Ikuti Post-tour ATF, Banyak Peserta Terkesan dengan Objek Wisata DIY

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 10:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement