Advertisement

Mulai Dipetakan, Ini Perkiraan Kawasan Macet akibat Pembangunan Tol Jogja Solo dan Jogja Bawen

Anisatul Umah
Minggu, 29 Januari 2023 - 15:22 WIB
Budi Cahyana
Mulai Dipetakan, Ini Perkiraan Kawasan Macet akibat Pembangunan Tol Jogja Solo dan Jogja Bawen Pembangunan Tol Jogja Solo di Kartasura, Jawa Tengah, Selasa (20/9/2022). - JIBI/Bisnis.com/Himawan L Nugraha

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dinas Perhubungan (Dishub) Sleman mulai berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk mengantisipasi kemacet setelah pembangunan Tol Jogja Solo dan Tol Jogja Bawen.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Sleman, Marjanto, menjelaskan saat tol sudah mulai beroperasi, karakteristik lalu lintas di Sleman bisa berubah. Kemungkinan lalu lintas di pintu masuk lebih longgar, sedangkan di exit toll akan lebih padat.

Advertisement

"Ya [sudah memetakan]. Pengaturan lalu .linta di jalan lebih banyak di kepolisian, tetapi kami nanti kami ada koordinasi dengan peta itu," ucapnya, Sabtu (28/1/2023).

BACA JUGA: Catat! Ini 4 Titik Akses Keluar Masuk Tol Jogja-Solo Sesi 2 di Ringroad Utara Sleman

Secara detail belum peta lokasi kemacetan karena harus dibahas, Dishub Sleman, Dishub DIY, Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) dan kepolisian. "Di Jalan Palagan atau Monjali ke selatan ini jadi on off exit toll, salah satu upaya dari kepolisian adalah menempatkan pos bantuan pengatur lalu lintas," kata dia.

Dia menjelaskan kepadatan di pintu keluar Tol Jogja Solo dan Tol Jogja Bawen terjadi karena pertemuan antara kendaraan yang lewat tol dan tidak. Kendaraan yang bercampur ini akan menjadi masalah dan harus ada jalan keluarnya. "Ini perlu diurai, tentunya ada pengaturan di APILL [alat pemberi isyarat lalu lintas]. Siklusnya juga perlu dievaluasi, nanti rembugan lagi."

Ada beberapa opsi yang mungkin diambil, misalnya pemasangan rambu lalu lintas, larangan parkir di pintu keluar tol seperti di Monjali, pembuatan jalur satu arah, dan opsi-opsi lainnya. "Mana opsi yang lebih mudah dan pas akan diambil. Rekayasa lalu lintas ada yang gagal juga," ujar dia.

BACA JUGA: Dokumen Pengadaan Tanah Disiapkan! Ini Perkiraan Jadwal Konsultasi Publik Tol Jogja-YIA

Salah satu warga Sleman, Wulan, 30, meminta pemerintah mendorong transportasi publik untuk menekan kemacetan. "Kalau menurut saya sama saja masih akan macet. Karena kendaraan bertambah." 

Sebelumnya, Pemda DIY menyebut enam titik exit dan entry tol disiapkan sepanjang jalur Tol Jogja Solo dan Tol Jogja Bawen yang masuk di wilayah DIY. Keenam titik tersebut berada di Purwomartani, Kalasan, hingga Westlake, Tirtoadi, Mlati

Keenam pintu keluar dan masuk tol ini berada di enam lokasi berbeda sepanjang jalan Tol Jogja Solo dan Jogja Bawen. Exit dan entry tol tersebut berada di Purwomartani, Maguwoharjo, UPN, Monjali, Trihanggo, dan Westlake (Tirtoadi).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menko Airlangga Isi Kuliah Tamu di LSE: Indonesia On-Track Capai Visi Indonesia Emas 2045

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement