Advertisement

Dokumen Pengadaan Tanah Disiapkan! Ini Perkiraan Jadwal Konsultasi Publik Tol Jogja-YIA

Sunartono
Minggu, 29 Januari 2023 - 12:47 WIB
Sunartono
Dokumen Pengadaan Tanah Disiapkan! Ini Perkiraan Jadwal Konsultasi Publik Tol Jogja-YIA Foto ilustrasi. - ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemerintah terus mengebut proses menuju pembebasan lahan pembangunan tol Solo-Jogja-YIA seksi 3 atau dikenal dengan tol Jogja-YIA yang menghubungkan antara ruas Gamping Sleman hingga Kulonprogo. Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY selaku tim persiapan pembebasan lahan menyatakan konsultasi publik akan segera digelar dengan memanggil warga terdampak.

Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY Krido Suprayitno menjelaskan saat ini timnya sedang mempersiapkan untuk menuju konsultasi publik pembangunan tol Jogja-YIA. Salah satunya terkait dengan Dokumen Perencanaan Pengadaan Tanah (DPPT) yang disusun pemberkasannya berdasarkan jumlah pemilik lahan terdampak pembangunan tol Jogja-YIA.

Advertisement

BACA JUGA : Perbaikan Jalan Bergelombang ke Arah Bandara YIA

“DPPT ini hasil sosialisasi yang sudah kami lakukan dan itu harus kami verifikasi dulu. Harapannya verifikasi DPPT ini selesai Januari ini,” kata Krido, Minggu (29/1/2023).

Sebagaimana diketahui DPPT merupakan dokumen yang disusun dan ditetapkan oleh instansi yang akan memerlukan tanah dalam tahapan perencanaan pengadaan tanah berdasarkan studi kelayakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Lahan terdampak pembangunan tol Jogja-YIA tercatat sebanyak 6.173 bidang yang tersebar di Sleman empat kecamatan pada 10 desa, Bantul satu kecamatan pada dua desa, Kulonprogo sebanyak Sembilan kecamatan pada 18 desa.

Krido menyatakan proses kelengkapan dokumen DPPT tersebut dimintakan secara langsung melalui koordinasi dengan setiap kalurahan. “Kami kelengkapan pemberkasan dulu, kami harus cek akurasinya kepemilikan. Kami verifikasi awal sehingga jangan sampai terjadi salah alamat yang diundang [untuk hadir di konsultasi publik],” ujarnya.

BACA JUGA : Konsultasi Publik Tol Jogja-YIA Akan Digelar Januari 2023

Adapun perkembangan pemberkasan DPPT ini hingga pekan terakhir Januari sudah mencapai lebih dari 90%. Pemda DIY optimistis DPPT akan selesai pada Januari 2023. “Tidak ada kendala cuma itu tadi leh do ngumpulke [yang mengumpulkan] harus lengkap, ini kami sudah mulai mengambil data itu di kelurahan sekitar 90 persen lebih sudah pemberkasa. Target kami Januari sudah lengkap daftar verifikasi DPPT,” katanya.

Setelah DPPT ini rampung, selanjutnya pada pekan pertama Februari 2023 tim persiapan pembebasan lahan segera menentukan jadwal konsultasi publik dengan mengundang langsung terdampak. Dalam konsultasi publik ini setiap pemilik lahan akan dimintai persetujuan bahwa tanahnya dibebaskan untuk pembangunan jalan tol Jogja-YIA.

“Untuk dasar pekan pertama Februari mulai penjadwalan konsultasi publik, kami merencanakan penjadwalan untuk lokasi-lokasi yang memang sudah siap DPPT-nya akan kami dahulukan jadwal konsultasi publik,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement