Advertisement

Masih Dicari, Pemilik 7 Tanah Tak Bertuan di Jalur Tol Jogja YIA

Sunartono
Selasa, 13 Desember 2022 - 21:07 WIB
Budi Cahyana
Masih Dicari, Pemilik 7 Tanah Tak Bertuan di Jalur Tol Jogja YIA Pembangunan Tol Jogja Solo. - Istimewa/PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Tujuh tanah tak bertuan ditemukan di sepanjang jalur yang rencananya dilalui Tol Jogja Yogyakarta International Airport atau YIA. Pemda DIY kini mencari pemilik tujuh tanah tersebut.

Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY, Krido Suprayitno, mengatakan Tim Persiapan Pembebasan Lahan Tol Jogja YIA telah mengumumkan lewat kalurahan untuk mencari identitas pemilik lahan tak bertuan.

Advertisement

“Jika tidak ada identitas yang jelas dari pemilik tujuh bidang tersebut tim persiapan belum dapat memproses ke konsultasi publik. Kami berharap dalam waktu dekat ini dapat segera teridentifikasi. Ini sudah kami umumkan di kalurahan terhadap kepemilikan tanah, sehingga tujuh orang tadi bisa dikenali untuk bisa kami undang dalam konsultasi publik. Memang ada beberapa hal yang perlu dilengkapi berkasnya, kami tidak bisa memproses untuk lanjut ke konsultasi publik jika tanpa identitas,” katanya, Selasa (13/12/2022).

Izin penetapan lokasi (IPL) pembangunan Tol Jogja Yogyakarta International Airport atau YIA berada di tangan warga yang lahannya dilalui jalur atau trase tol.

BACA JUGA: Ini Alasan Pembangunan Tol Jogja YIA Didahulukan daripada Tol Jogja Solo di Ring Road Utara

Jika warga cepat memberikan kelengkapan berkas saat konsultasi publik, IPL akan lebih cepat keluar. Tim Persiapan Pembebasan Lahan Tol Jogja YIA nyaris merampungkan seluruh titik sosialisasi yang dimulai sejak 16 November 2022 lalu.

Sosialisasi di Kulonprogo secara keseluruhan telah tuntas. Adapun untuk Sleman hanya kurang satu titik di Kelurahan Sumberrahayu. Sosialisasi akan digelar pada Rabu (14/12/202) di Gor Sumberrahayu, Moyudan, Sleman. Sosialisasi terakhir di Sleman ini akan menyasar 359 bidang lahan terdampak pembangunan Tol Jogja YIA.

Adapun untuk wilayah Bantul, sosialisasi akan dimulai pada Senin (19/12/2022) mendatang di Kalurahan Argomulyo dengan menyasar 491 bidang lahan dan dilanjutkan pada Selasa (20/12) di Kalurahan Argosari dengan menyasar sebanyak 172 bidang lahan terdampak. Sosialisasi di wilayah Bantul ini hanya dilakukan di dua titik lokasi. Dengan demikian, tim persiapan nyaris menyelesaikan sosialisasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dampak Serangan Israel ke Iran, Harga Minyak Melonjak

News
| Jum'at, 19 April 2024, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement