Advertisement

Dibangun Pelabuhan, Kunjungan di Pantai Gesing Turun Drastis

David Kurniawan
Minggu, 29 Januari 2023 - 19:07 WIB
Jumali
Dibangun Pelabuhan, Kunjungan di Pantai Gesing Turun Drastis Puluhan perahu jongkong bersandar di Pantai Gesing di Kalurahan Girikarto, Panggang, belum lama ini. - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Pembangunan Pelabuhan Gesing di Kalurahan Girikarto, Panggang, Gunungkidul masuh berlangsung. Alhasil, pembangunan pelabuhan tersebut berdampak kepada penurunan jumlah wisatawan di kawasan tersebut.

Sebelum dibangun pelabuhan, terlihat hamparan pasir putih di Pantai Gesing. Selain itu, ada banyak perahu milik nelayan yang bersandar di tempat tersebut.

Advertisement

BACA JUGA: Jalur ke Pantai Gesing Padat

Namun, saat ini, hamparan pasir putih tak bisa dilihat lagi sekarang. Nampak bangunan beton di sisi kiri dan kanan. Selain itu, sejumlah alat berat terlihat sedang mengeruk tempat calon pelabuhan pendaratan ikan ini.

Salah seorang pedagang di Pantai Gesing, Supadi mengatakan, kondisi di tempat itu sekarang sudah berubah total sejak dibangun untuk pelabuhan di 2022 lalu. Pasir putih yang dulu menjadi primadona wisatawan sudah tak terlihat lagi.

“Sekarang mulai dikeruk untuk tempat sandar kapal,” katanya, Minggu (29/1/2023).

Menurut Supadi, proses pembangunan ini berdampak terhadap kunjungan yang mengalami penurunan. Sebelum dibangun, banyak wisatawan datang untuk menikmati pemandangan alam serta makan di warung makan yang dibuka oleh warga.

“Sekarang hanya sesekali. Datang sebentar, lalu pergi lagi. Kondisinya tidak seperti dulu lagi,” katanya.

Dia berharap pembangunan pelabuhan bisa cepat selesai agar kunjungan bisa kembali normal.

“Kalau sekarang tidak ada yang menarik untuk dilihat. Pengunjung yang datang kesini cuman mampir setelah berwisata ke Teras Kaca atau HeHa Ocean View,” katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Muhammad Arif Aldian mengatakan, kawasan Pantai Gesing semuanya akan menjadi pelabuhan. Meski sedang dalam proses pembangunan, tapi wisatawan masih dapat berkunjung ke tempat ini.

Ke depannya, sambung dia, pada saat pembangunan pelabuhan selesai, pengelolaan atau pelaksanaan kepariwisataan akan dikoordinasikan dengan Pemerintah DIY.

“Sekarang masih proses pembangunan. Kalau sudah jadi, tentunya akan ada koordinasi terkait pengaturan manajemen di kawasan ini,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipanggil MKD, Ketua MPR Bambang Soesatyo Mangkir

News
| Kamis, 20 Juni 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Punya Pantai Terbaik untuk Berselancar, Ini Daftarnya

Wisata
| Senin, 17 Juni 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement