Advertisement

Bupati Bantul Yakin Jembatan Kretek 2 di JJLS Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi

Ujang Hasanudin
Selasa, 31 Januari 2023 - 12:27 WIB
Jumali
Bupati Bantul Yakin Jembatan Kretek 2 di JJLS Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Gambar maket Jembatan Kretek 2. - Twitter Pemkab Bantul

Advertisement

Harianjogja.com, BANTULBupati Bantul Abdul Halim Muslih meyakini dengan beroperasinya Jembatan Kretek 2 dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi di pesisir selatan Bantul. Sehingga diharapkan dapat mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan.

BACA JUGA: Besok, Jembatan Kretek 2 Dibuka untuk Uji Coba

Advertisement

Halim mengatakan pembukaan Jembatan Kretek 2 sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat sehingga wisatawan yang berkunjung ke pantai selatan Bantul dipastikan akan melintasi jembatan tersebut.

Dengan banyaknya wisatawan dan pengguna kendaraan yang melintasi Jembatan Kretek 2 dipastikan akan mendorong pertumbuhan ekonomi karena akan tumbuh objek-objek wisata baru, taman kuliner, hingga wahana permainan.

“Jembatan Kretek 2 sebagai pengungkit kesejahteraan masyarakat. Saya yakin Produk Domestik Regional Bruto [PDRB] meningkat, pengangguran dan kemiskinan berkurang,” kata Halim, saat Uji Coba Fungsional Jembatan Kretek 2, Selasa (31/1/2023).

Halim mengaku belum tahu sampai kapan uji coba pembukaan Jembatan Kretek 2 dilakukan, namun dimungkinkan sampai ada peresmian dari Pemerintah Pusat. Menurutnya jembatan yang menghabiskan anggaran Rp364 miliar itu rencananya akan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo. Namun waktu peresmiannya kapan ia belum mengetahuinya.

Sambil menunggu peremian Jembatan Kretek 2, Pemkab Bantul melakukan uji coba fungsional jembatan untuk mengurai kepadatan lalu lintas kendaraan yang melintas ke objek wisata pantai selatan Bantul. Sebab selama ini terjadi kepadatan lalu lintas kendaraan wisatawan terutama saat akhir pekan dan hari-hari libur.

“Kalau pembukana fungsional harus nunggu peresmian mengganggu hambatan lalu lintas, maka sekarang sah [Jembatan Kretek 2] dilintasi, dilalui kendaraan sembari kita memantau perkembangan bagaimana lalu lintas yang melintasi Jembatan kretek 2 berjalan dengan baik,” ujarnya.

Ia berharap dengan uji coba fungsional Jembatan Kretek 2 masyarakat sekitar jembatan turut merawatnya dengan baik. Bahu jalan sepanjang jembatan tidak diperkenankan untuk aktivitas ekonomi seperti jualan dan sebagainya karena bisa mengganggu lalu lintas kendaraan dan juga merusak estetika jembatan.

Untuk aktivitas ekonomi di sekitar jembatan nantinya akan disiapkan oleh Pemerintah Kalurahan Tirtohargo di barat Jembatan Kretek 2 dan Pemrintah kalurahan Parangtritis di timur jembatan. Halim meminta aktivitas ekonomi bisa dilakukan oleh masyarakat atau melalui Badan Usaha Milik Kalurahan (BUMKal).

Kepala Dinas Pariwisata Bantul, Kwintarto Heru Prabowo menilai kehadiran Jembatan Kretek 2 dapat berdampak positif bagi Bantul, salah satunya adalah kemudahan aksesibilitas masyarakat yang akan berwisata ke Bumi Projotamansari khususnya kawasan wisata pantai selatan.

Terkait dengan rencana pemerintah untuk mengembangkan potensi di kawasan sekitar Jembatan Kretek II, ia mengaku sudah memiliki pandangan untuk merintis usaha-usaha pariwisata yang bisa dijalankan pada malam hari. Karena dimungkinkan di sekitar kawasan jembatan bakal didukung fasilitas penerangan.

“Keberadaan Jembatan Kretek 2 mendorong masyarakat untuk melakukan pengembangan usaha, dan memungkinkan orang untuk semakin ingin datang ke Bantul karena akses menuju Parangtritis yang semakin mudah dijangkau,” ujarnya.

Kepala Dinas Perhubungan Bantul, Singgih Riyadi mengatakan sambil menunggu Jembatan Kretek 2 diresmikan pihaknya terus berkoordinasi dengan Pelaksana Jalan Nasional (PJN) untuk melengkapi rambu-rambu lalu lintas di sepanjang jembatan.

“Supaya keselamatan dan kelancaran lalu lintas bisa jalan serta pertumbuhan ekonomi juga jalan,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement