Advertisement

Besok, Jembatan Kretek 2 di JJLS Bantul Akhirnya Dibuka untuk Uji Coba

Ujang Hasanudin
Senin, 30 Januari 2023 - 15:42 WIB
Jumali
Besok, Jembatan Kretek 2 di JJLS Bantul Akhirnya Dibuka untuk Uji Coba Gambar maket Jembatan Kretek 2. - Twitter Pemkab Bantul

Advertisement

Harianjogja.com, BANTULDinas Perhubungan Bantul akan membuka Jembatan Kretek 2 untuk uji coba fungsional, Selasa (31/1/2022). Uji coba fungsional akan dimulai pukul 09.00 WIB.

Advertisement

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Bantul Sri Harsono mengatakan uji coba fungsional Jembatan Kretek 2 digelar sampai batas waktu yang belum ditentukan.

BACA JUGA: Akhirnya, Jembatan Kretek 2 Dibuka, Ini Jadwalnya

“Uji coba pembukaan Jembatan Kretek 2 ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk melihat fungsi jembatan sebelum nantinya diresmikan,” katanya, Senin (30/1/2023).

Menurutnya, saat ini jembatan yang dibangun dengan anggaran Rp364 miliar ini memang sudah selesai dibangun. Meski demikian, ada beberapa hal yang menurutnya harus dievaluasi, salah satunya penambahan sarana rambu-rambu peringatan dan imbauan berhati-hati bagi pengguna kendaraan.

Jembatan Kretek 2 dipelihara oleh Pemerintah Pusat sehingga Dishub Bantul hanya akan memasang rambu-rambu tersebut di titik yang menjadi kewenangan pemerintah kabupaten. Salah satu titik yang akan dipasang yakni di ruas jalan dari Pantai Depok sebelum masuk ke ruas jalan menuju jembatan.

“Kami akan pasang rambu-rambu imbauan kurangi kecepatan dan tengok kanan kiri sebelum berjalan,” ujarnya.

Harsono mengatakan selama uji coba pembukaan Jembatan Kretek 2, Dishub Bantul akan menerjunkan personel untuk berjaga. Sebab, tidak menutup kemungkinan banyak warga atau pengguna kendaraan berhenti di tengah jembatan untuk berswafoto dan akan mengganggu arus lalu lintas serta membuat kemacetan.

“Kami akan menugaskan personel untuk berpatroli dan mengimbau kepada masyarakat supaya tidak berhenti atau ber-selfie di pinggir jembatan,” ujar dia.

Sebelumnya, Pejabat Humas PT Wika Hutama Jo selaku kontraktor pembangunan Jembatan Kretek 2, Wahyu Nurbiantoro, mengatakan pembangunan jembatan sudah selesai 100% dan tinggal menunggu diresmikan oleh Pemerintah Pusat.

BACA JUGA: Akhirnya Konstruksi Tol Jogja Solo Segera Dibangun di Kalasan, Ini Petanya

“Soal kapan diresmikannya kami belum bisa memastikan karena itu kewenangan Pemerintah Pusat,” katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Bantul, Kwintarto Heru Prabowo, menilai kehadiran Jembatan Kretek 2 dapat berdampak positif bagi Bantul, salah satunya adalah kemudahan aksesibilitas masyarakat yang akan berwisata ke Bumi Projotamansari khususnya kawasan wisata pantai selatan.

Potensi di kawasan sekitar Jembatan Kretek II akan dikembangkan. Ia mengaku sudah memiliki pandangan untuk merintis usaha-usaha pariwisata yang bisa dijalankan pada malam hari. Di sekitar kawasan jembatan bakal didukung fasilitas penerangan.

“Jembatan Kretek 2 akan memacu masyarakat untuk mengembangkan usaha, dan memungkinkan orang untuk semakin ingin datang ke Bantul karena akses menuju Parangtritis yang semakin mudah dijangkau,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Digugat Praperadilan di PN Jaksel Oleh Sekjen DPR Indra Iskandar, Ini Kasusnya

News
| Sabtu, 18 Mei 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement