Advertisement

YIA Siap Sambut Pesawat Carteran Delegasi ATF 2023

Catur Dwi Janati
Selasa, 31 Januari 2023 - 20:37 WIB
Arief Junianto
YIA Siap Sambut Pesawat Carteran Delegasi ATF 2023 Ilustasi suasana YIA. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO — Yogyakarta International Airport (YIA) siap menyambut kedatangan delegasi ATF yang bakal tiba di Jogja beberapa waktu ke depan, baik yang melalui penerbangan domestik maupun pesawat carter.

General Manager YIA, Agus Pandu Purnama menerangakan kesiapan YIA menerima delegasi ATF dari penerbangan langsung penerbangan domestik.

Advertisement

"Kami di bandara sendiri sudah menyiapkan bagaimana kami menerima tamu-tamunya spesial, baik yang direct flight atau yang melalui Jakarta, domestik. Kami sudah mempersiapkan karena kami sudah berkoordinasi sejak satu bulan lalu dengan Kementerian Pariwisata," terangnya dikutip pada Selasa (31/1/2023).

Selain siap menerima delegasi maskapai yang menggunakan penerbangan langsung maupun domestik, YIA juga siap menerima penerbangan pesawat yang dicarter oleh delegasi ATF.

Bahkan, Pandu mengaku siap menerima berapapun pesawat carteran yang akan mendarat di YIA. "Insyallah kalau misalkan ada [pesawat carter] tentunya kami siap fasilitasnya. Jadi nanti berapa pun nanti tamu delegasi yang membawa pesawat sendiri, misalkan direct flight menuju Jogja, kami sudah siap," terangnya.

BACA JUGA: ATF Dimanfaatkan Destinasi Wisata Jogja Gaet Wisatawan Asing

Tak hanya menyiapkan landasan bagi berbagai rute penebangan, para delegasi ATF akan disiapkan gerbong khusus pada kereta bandara untuk akses menuju Kota Jogjakarta. "Kemudian kami juga sudah menyiapkan kereta api. Jadi nanti ada gerbong khusus untuk membawa delegasi ini ke Kota Jogja," jelasnya.

Pandu menambahkan bila segala kesiapan yang diberikan YIA akan membuat delegasi merasakan langsung ramahnya pelayanan bandara. "Sehingga insyaallah para delegasi negara negara ASEAN yang tiba di Jogja melalui YIA ini saya kira akan merasakan begitu ramahnya bandara ini menerima tamu-tamu negara ASEAN delegasi ATF," tambahnya.

Stakeholder Relation Manager YIA, Ike Yutiane menjelaskan delegasi ATF akan diberikan penyambutan saat datang ke YIA. Para delegasi akan disambut di holding room pada terminal kedatangan dan juga di Lounge Concordia.

"Jadi siap, tidak ada masalah terkait dengan kegiatan tersebut. Kami siap terkait dengan keamanan maupun koordinasi yang dibutuhkan oleh dari Pemda maupun unit-unit terkait," ucap dia.

Sebelumnya Kepala Dinas Pariwisata Kulonprogo, Joko Mursito menjelaskan pada 6 Februari 2023, para rombongan tamu ATF akan menikmati langsung sejumlah destinasi wisata di Kulonprogo.

Setidaknya ada 20-30 wisatawan ATF yang kebagian vakansi di kawasan Kulonprogo. Puluhan wisatawan ATF akan diantar berwisata ke sejumlah destinasi.

Pada hari pertama para wisatawan ATF akan diterima di Gua Kiskendo untuk menyaksikan pergunjingan sendra tari Sugriwa Subali. Setelah itu para wisatawan akan diajak mengunjungi langsung Kopi Sulingan sekaligus melihat konservasi burung.

"Terus Kami ke kebun teh, terus makan siangnya di Desa Wisata Widosari di sawah Ngargosari itu. Kemudian kita mampir ke Rajendra Farm. Setelah itu ke hotel," jelasnya.

Pada hari kedua, puluhan turis ATF akan diajak bersepeda atau gowes Wisata Desa Wisata. Saat gowes ini lah para turis bisa melihat langsunh aktivitas masyarakat Kulonprogo. "Malamnya baru kita ada dinner, ada pagelaran seni budaya dan ada ramah tamah," terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PLN Berhasil Kawal Gelaran Laga Final Four Proliga Putaran Kedua Semarang dengan Pasokan Listrik Andal

News
| Senin, 15 Juli 2024, 11:17 WIB

Advertisement

alt

6 Destinasi Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi di Bogor

Wisata
| Minggu, 14 Juli 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement