Advertisement

Ratusan Pasangan Usia Subur di Kota Jogja Ikuti KB Gratis

Sunartono
Kamis, 02 Februari 2023 - 05:57 WIB
Sunartono
Ratusan Pasangan Usia Subur di Kota Jogja Ikuti KB Gratis Kegiatan KB Gratis di RS PKU Muhammadiyah Jogja, Rabu (1/2/2023). - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebanyak 114 wanita usia subur di Kota Jogja mengikuti program KB Gratis di PKU Muhammadiyah Kota Jogja, Rabu (1/2/2023). Program KB Gratis yang digulirkan RS PKU Muhammadiyah, BKKBN DIY dan Pemkot Jogja itu untuk mengendalikan dan peningkatan kualitas keluarga di DIY.

Dirut RS PKU Muhammadiyah Kota Jogja Mohammad Komaruddin menegaskan komitmennya dalam mendukung pemerintah dalam upaya pengendalian pendudukan dan menekan angka stunting. Ia menilai KB sangat berkaitan dengan stunting, karena dengan KB maka jarak kehamilan akan lebih dapat dimanajemen dengan baik.

Advertisement

BACA JUGA : Layanan KB di Rumah Sakit Akan Diaktifkan Kembali

“Ketika jarak kehamilan itu diatur dipersiapkan maka orangtua bisa lebih fokus dalam mengurus anak tersebut sehingga stunting dapat dicegah. Artinya anak bisa mendapatkan perhatian lebih fokus,” katanya, Rabu (1/2/2023).

Jumlah yang mengikuti KB Gratis tersebut tercatat sebanyak 114 orang yang berasal di Kota Jogja. Banyak masyarakat berkonsultasi dengan tenaga medis RS PKU dan konsultan KB dari BKKBN untuk mengetahui seputar KB dan program keluarga berencana lainnya.  

“Kegiatan serupa juga digelar di RS PKU Gamping Sleman dengan jumlah 30 orang yang mengikuti KB Gratis. Kegiatan ini digelat dalam rangka Milad 1 Abad RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dan 14 tahun PKU Gamping,” ujarnya.

BACA JUGA : Masyarakat Antusias Ikuti Program KB Gratis

Program KB Gratis dapat meningkatkan jumlah kepesertaan KB metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) serta memenuhi hak reproduksi bagi pasangan usia subur. Harapannya tidak ada kendala bagi peserta pasca KB, seperti kegagalan maupun komplikasi. “KB menjadi salah satu upaya dalam menekan angka stunting dengan mengatur jarak kehamilan,” kata perwakilan dari BKKBN DIY Iin Nazifah Hafid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabar Susunan Kabinet Prabowo, Gerindra: Belum Ada yang Resmi

News
| Minggu, 28 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement