Advertisement

Promo Sumpah Pemuda Harjo

Ada 4 Simpang Susun di Tol Jogja-YIA, Ini Titik Lokasi dan Fungsinya!

Sunartono
Kamis, 02 Februari 2023 - 08:17 WIB
Sunartono
Ada 4 Simpang Susun di Tol Jogja-YIA, Ini Titik Lokasi dan Fungsinya! Peta trase titik simpang susun tol Jogja-YIA. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pembangunan jalan tol Solo-Jogja-YIA seksi 3 atau dikenal dengan tol Jogja-YIA kini masih berproses untuk menuju konsultasi publik yang rencananya akan digelar dalam waktu dekat ini. Tim persiapan pembebasan telah merampung sosialisasi dan tidak ada penolakan dari warga terdampak.

Trase tol yang akan memperlancar perjalanan ke Bandara YIA Kulonprogo ini pun telah final. Secara umum menyambung dari Junction Sleman berlokasi di Mlati, Sleman yang menjadi pertemuan antara Jogja-Solo sesi 2 (Seksi 2) dari arah timur dan Jogja-Bawen dari arah barat  kemudian Jogja-YIA menyambung ke arah selatan.

Advertisement

BACA JUGA : Konsultasi Publik Tol Jogja YIA Bakal Dimulai Awal Februari 

Berdasarkan peta trase yang diperoleh Harian Jogja tol ini direncanakan melayang untuk sepanjang ringroad barat, kemudian sebelum lampu bangjo Pelem Gurih atau di sebelah utaranya berbelok ke barat. Tol akan mengikuti sepanjang jalur rel kereta api dengan titik lokasi di sebelah utara Jalan Jogja-Wates. Oleh karena itu ada bebera titik lahan terdampak sisa dari rel yang sudah tidak memberikan nilai manfaat dan sedang dibahas apakah dibebaskan langsung atau tidak.

Setidaknya ada empat simpang susun di sepanjang tol dari Gamping hingga Bandara YIA. Simpang susun merupakan persimpangan jalan tidak sebidang di mana kendaraan dapat melakukan perpindahan dari satu jalan ke jalan lainnya tanpa harus berhenti terlebih dahul. Merupakan persimpangan yang biasanya diterapkan pada jalan bebas hambatan di mana konflik silang dihindari. Bahas mudahnya simpang susun ini biasa disebut dengan exit toll.

Pertama, Simpang Susun Gamping, lokasinya diperkirakan berada di sebelah barat Pasar Gamping. Persimpangan ini akan langsung terhubung dengan Jalan Jogja-Wates.

Kedua, Simpang Susun Sentolo yang lokasinya sesuai peta berada di tenggara RSUD Nyi Ageng Serang, Kulonprogo. Persimpangan ini akan terkoneksi dengan Jalan Sentolo Nanggulan yang tepatnya di titik sebelah selatan RSUD Nyi Ageng Serang, baru kemudian terhubungn ke Jalan Jogja-Wates.

BACA JUGA : Pelaksana Proyek Tol Jogja Bawen Tetap Ingin Tanah Sultan Grond Jadi Milik

Ketiga, Simpang Susun Wates lokasinya direncananya berada di sebelah utara jantung kota Wates tepatnya di Pengasih. Persimpangan ini akan terhubung dengan Jalan Mandung, Pengasih dan Jalan Sentolo-Pengasih dengan titik masuk di sebelah barat Kawasan Taman Budaya Kulonprogo atau sebelah utara Taman Binangun, Wates. Dari Jalan Mandung ini ke selatan baru dapat terhubung ke Jalan Jogja Wates atau pusat kota di Kulonprogo.

Keempat Simpang Susun Kulonprogo yang berada di Kawasan Temon tepatnya di sebelah tenggara Bandara YIA. Persimpangan ini akan terhubung langsung dengan Jalan Jogja-Purworejo dan Bandara YIA Kulonprogo. Simpang ini sengaja dibangun untuk memudahkan akses keluar masuk dari dan menuju bandara YIA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tak Menyangka, Tukang Bangunan Ponpes di Jogja Peroleh Hadiah Mobil Listrik

News
| Minggu, 01 Oktober 2023, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Unik, Taman Sains Ini Punya Gedung Seperti Pesawat Ruang Angkasa

Wisata
| Sabtu, 30 September 2023, 17:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement