Advertisement

5 Fakta Jalan Godean Sleman Diadukan ke Gibran, Perbaikan Tak Bisa Pakai Danais

Sunartono
Kamis, 02 Februari 2023 - 12:17 WIB
Sunartono
5 Fakta Jalan Godean Sleman Diadukan ke Gibran, Perbaikan Tak Bisa Pakai Danais Lalu lintas di Jalan Godean, Sleman. - Harian Jogja - Sunartono.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJAJalan Godean, Sleman menjadi viral setelah seorang warganet melaporkan kerusakan ke Wali Kota Solo yang juga anak Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming lewat akun twitter. Jalan Godean merupakan jalan arteri yang berada di sektor utara wilayah Jogja menghubungkan dari  wilayah Tegalrejo Kota Jogja di sisi timur, Kasihan Bantul dan didominasi ke barat di wilayah Gamping dan Godean, Sleman.

Dikenal sebagai salah satu ruas jalan yang kerap terjadi kemacetan terutama saat pagi dan sore hari. Selain itu ditemukan banyak kerusakan dan berlubang karena sudah cukup lama tidak dilakukan penanganan secara menyeluruh. Berikut ini adalah lima fakta yang dikumpulkan Harianjogja.com terkait Jalan Godean, Sleman :

Advertisement

1. Sudah 20 Tahun Tak Dilakukan Penanganan Rekonstruksi

Jalan Godean belum pernah dilakukan penanganan rekonstruksi atau meningkatkan kapasitas jalan dengan mengaspal ulang atau melebarkan meski pun beban lalu lintas sangat tinggi dan tidak seimbang dengan kondisi jalan.

Kabid Bina Marga Dinas PU ESDM DIY Kwaryantini Ampeyanti Putri tidak menampik terkait adanya informasi bahwa sudah sekitar 20 tahun Jalan Godean tidak pernah dilakukan pekerjaan rekontruksi atau peningkatan kapasitas jalan. Penanganan selama ini hanya dilakukan dengan system tambal sulam atau memperbaiki titik jalan yang rusak atau dikenal dengan pemeliharaan rutin seperti halnya dijadwalkan pada 2023 ini.

BACA JUGA : Jalan Godean Viral Setelah Diadukan ke Gibran, Pemda DIY

“Memang di ruas jalan tersebut sudah lama [sekitar 20 tahunan] tidak ada penanganan yang sifatnya rekonstruksi [peningkatan kapasitas jalan]. Tahun 2022 kemarin kami mendapat alokasi anggaran untukk pengaspalan sepanjang 550 meter, dan penggantian gorong-gorong crossing 10 meter serta normalisasi saluran sepanjang 1,5 kilometer,” ujarnya.

2. Banyak yang Berlubang Menimbulkan Kecelakaan

Lurah Sidorejo, Godean Sleman Isharyanto menyampaikan banyaknya masyarakat mengeluhkan kerusakan Jalan Godean terutama di wilayah Kalurahan Sidorejo. Kondisi jalan berlubang terjadi sejak tiga tahun terakhir. Akibat jalan yang rusak dan berlubang berakibat seringnya terjadi kecelakaan. Ia berharap ada tindaklanjut dari pihak terkait untuk dilakukan perbaikan.

“Sudah banyak keluhan masyarakat tidak hanya warga Sidorejo, berkaitan dengan Jalan Godean berlubang. Kami berharap ada peningkatan kapasitas jalan, karena dampak kerusakan ini sering terjadi kecelakaan,” katanya

3. Sering Terjadi Kemacetan

Jalan Godean merupakan salah satu jalan yang padat di wilayah Sleman, meski pun berdasarkan data Dishub Sleman tidak sepadat Jalan Kaliurang. Akan tetapi persoalan yang munculnya adalah tidak seimbang antara lebar jalan dengan kondisi lalu lintas.

Padahal ruas jalan ini menjadi jalur utama bagi masyarakat di wilayah Sleman barat maupun Kulonprogo bagian utara yang ingin ke Kota Jogja. Terbaru, Jalan Godean menjadi salah satu alternatif bagi masyarakat dari Jawa Tengah maupun Jogja utara yang akan ke Bandara YIA..

4. Tak Bisa Diperbaiki dengan Dana Keistimewaan

Jalan Godean tidak termasuk Satuan Ruang Strategis (SRS) keistimewaan, sehingga tidak dapat dilakukan penanganan menggunakan Dana Keistimewaan DIY. Berbeda dengan sisi selatan DIY seperti JJLS, pembebasan jalan bisa menggunakan danais. Akibatnya penanganan jalan Godean hanya masuk dalam perbaikan rutin.

Jika dilakukan penanganan secara menyeluruh seperti rekonstruksi maka butuh anggaran setidaknya Rp7 miliar per kilometer melalui APBD DIY. “Jalan tersebut bukan SRS, sehingga tidak dapat didanai Danais,” ujar Kabid Bina Marga Dinas PU ESDM DIY Kwaryantini Ampeyanti Putri.

5. Diadukan ke Gibran Rakabuming

Salah satu warganet tiba-tiba meminta Wali Kota Solo Gibran Rakabuming untuk mengaspal Jalan Godean, Sleman karena banyak berlubang. Unggahan lewat twitter berbau sindiran itu kemudian ditanggapi oleh anak Presiden Jokowi itu dengan bertanyak lokasi jalan tersebut.

Halo mas @gibran_tweet tolong Jalan Godean diaspal alus mas,” tulis akun @agarynt pada Selasa (31/1/2023).

BACA JUGA : Gibran Diminta Bantu Mengaspal, Jalan Godean Ternyata 

Warganet menyampaikan permintaan kepada Gibran sebagai bentuk sindiran karena pejabat setempat di wilayah DIY maupun Sleman khususnya dinilai belum dapat memenuhi keinginan masyarakat terkait jalan yang halus di sepanjang Godean.

Pertanyaan warganet itu kemudian ditanggapi oleh Gibran dengan Kembali bertanya lokasi jalan yang diinginkan untuk diperbaiki. “Maaf pak. Godean itu mana ya?,” tulisnya lewat akun @gibran_tweet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Aksi Bela Rempang di Gelar di Simpang Tiga Alun-Alun Utara Jogja

News
| Jum'at, 29 September 2023, 22:50 WIB

Advertisement

alt

Di Coober Pedy, Penduduk Tinggal dan Beribadah di Bawah Tanah

Wisata
| Kamis, 28 September 2023, 20:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement