Advertisement

Foto Karya Mahasiswa Dipamerkan di Vredeburg

Hadid Husaini
Minggu, 05 Februari 2023 - 06:17 WIB
Sunartono
Foto Karya Mahasiswa Dipamerkan di Vredeburg Jurnalis foto senior, Beky Subechi memaparkan materi dalam acara 'Greativity' Universitas Respati Yogyakarta (Unriyo), Sabtu (4/2/2023) di Beteng Vrederberg, Kota Jogja. - Harian Jogja/Hadid Husaini.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Respati Yogyakarta (Unriyo) pamerkan hasil kreativitas mahasiswa dan seminar dengan konsep creative exhibition melalui event berjudul ‘Greativity’, di Benteng Vredeburg, Gondomanan, Kota Jogja Sabtu (4/2/2023).

Kegiatan ini menjadi yang pertama dilakukan setelah sebelumnya terhenti akibat kendala pandemi Covid-19 membuat beberapa aktivitas mahasiswa tidak dapat dilaksanakan dengan normal. Produk yang ditampilkan berfokus pada dua peminatan prodi Ilmu Komunikasi Unriyo seperti Fotografi Jurnalistik dan Penyiaran.

Advertisement

BACA JUGA : Kisah Fotografer Persalinan, Merekam Tangis Haru

Berbagai karya visual ditampilkan para mahasiswa. Berjajar foto tampak menjadi pandangan yang menghiasi jalan menuju Ruang Audio dan Visual Benteng Vredeburg. Ada juga foto booth dan poster yang tak kalah menarik. Tak sekedar produk di bidang komunikasi, Produk makanan hingga kerajinan juga dapat dinikmati pengunjung secara gratis hasil dari mata kuliah kewirausahaan.

Dosen Ilmu Komunikasi sekaligus panitia acara, Yanus Purwansyah menyampaikan karya yang ditampilkan merupakan output praktik yang dilakukan mahasiswa. “Acara ini merupakan bentuk apresiasi atas karya yang dihasilkan dari beberapa mata kuliah, kami ingin menggali dan memantik mahasiswa untuk bisa kedepan lebih produktif dalam berkarya,” ujarnya Yanus.

Dalam acara tersebut juga diadakan seminar foto jurnalistik dan penyiaran yang mendatangkan para praktisi yang sudah berpengalaman di bidang masing-masing. Jurnalis Foto Beki Subeki yang didapuk sebagai pembicara menyebut pentingnya etika dalam membuat karya visual. 

BACA JUGA : Catat Tanggalnya! Fotografer 22 Negara Bakal Pamerkan

“Etika dan prinsip dasar jurnalistik harus terus digaungkan kepada mahasiswa sebagai calon orang media atau pewarta,” kata pria kelahiran Surabaya tersebut.

Dirinya juga mengingatkan pentingnya seorang calon pekerja media untuk bisa menguasai berbagai hal. Media sekarang juga banyak yang telah menggunakan berbagai platform.

“Sekarang wartawan tidak hanya diminta untuk menjadi reporter atau wartawan foto tapi video untuk mendukung lebih banyak informasi yang bisa dinikmati;” jawab Beky. Dirinya mengharapkan dosen setiap kampus untuk menanamkan dua hal dua aspek visual dan konseptual.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement