Advertisement

Delegasi 3 Negara ASEAN Berpelesir di Kulonprogo

Newswire
Senin, 06 Februari 2023 - 20:57 WIB
Bhekti Suryani
Delegasi 3 Negara ASEAN Berpelesir di Kulonprogo Delegasi dari negara ASEAN menyaksikan pertunjukan sendratari di Kulonprogo - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO– Delegasi tiga negara peserta ASEAN Tourism Forum 2023 mengikuti post tour di sejumlah objek wisata di Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kepala Dinas Pariwisata Kulonprogo Joko Mursito di Kulonprogo, Senin (6/2/2023), mengatakan Pemkab Kulonprogo telah menyiapkan secara matang untuk menjamu tamu-tamu internasional selama dua hari dari.

Advertisement

"Post tour ini diharapkan menjadi media yang tepat untuk mempromosikan Pariwisata Kulonprogo di kancah internasional," kata Joko Mursito.

Ia mengatakan delegasi tiga negara diajak ke Amphitheater Embung Tonegoro untuk melihat pertunjukan sendratari Sugriwa Subali. Setelah itu, mereka diajak ke Desa Wisata Widosari Ngargosari, tepatnya di peternakan kambing Rajendra Farm.

Delegasi ini kemudian akan makan siang di persawahan yang menjadi unggulan Desa Wisata Widosari Ngargosari.

Selain itu, pada hari pertama, tamu juga akan mengikuti acara "table top" di hotel kawasan YIA yang akan dipertemukan dengan para "buyer". Pada hari kedua, delegasi ATF ini akan diajak untuk bersepeda menyusuri Desa Banguncipto, Sentolo. Selanjutnya mereka akan diajak makan siang di Pulepayung dan kemudian wisata Segajih untuk belajar membatik dan membuat gula.

Dispar juga menyiapkan jamuan hidangan-hidangan lokal dalam setiap acara, agar kuliner lokal Kulonprogo lebih dikenal.

"Untuk menu makanan hotel menyesuaikan dengan selera mereka. Namun saat di Desa Wisata, akan mengikuti kearifan lokal, kayak geblek, nasi wiwit atau lainnya," kata Joko.

Sementara itu, Penjabat Bupati Kulonprogo Tri Saktiyana melihat tingginya antusiasme para delegasi dalam menikmati seluruh agenda post tour yang disajikan mulai dari panorama alam, seni budaya dan kulinernya. Dirinya berharap pengalaman yang didapat para delegasi ini mampu disebarluaskan di negaranya masing-masing.

BACA JUGA: JCW Sebut Kasus Dugaan Korupsi Dana Hibah Rp10 M di Sleman Kini Diusut Penegak Hukum

"Kami harap perwakilan berbagai negara ini, setelah kembali akan melakukan promosi potensi wisata, kuliner, pertanian dan lainnya di negara masing-masing. Sehingga kunjungan wisata dari luar negeri akan sampai ke Kulonprogo kedepannya," kata Tri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Viral Polisi Tembak dan Serang DC, APPI Jelaskan Duduk Permasalahannya

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement