Advertisement

Pers Menjadi Penyeimbang & Jembatan Informasi

Media Digital
Rabu, 08 Februari 2023 - 17:57 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Pers Menjadi Penyeimbang & Jembatan Informasi Podcast Obsiku dengan tema Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) yang digelar di Dinas Kominfo Kulonprogo, Rabu (8/2/2023). - Istimewa

Advertisement

KULONPROGO—Pers merupakan jembatan komunikasi antara pemerintah dan masyarakat. Selain itu, pers menjadi penyeimbang informasi supaya masyarakar adem tidak gaduh dan terhindar dari kabar bohong atau hoaks.

Penegasan ini disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kulonprogo, Agung Kurniawan, saat menjadi narasumber program podcast Obsiku dengan tema Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) yang digelar di Kantor Dinas Kominfo Kulonprogo, Rabu (8/2). Podcast disiarkan melalui Kulon Progo TV.

Advertisement

Dijelaskan Agung Kurniawan, selama ini pers sangat membantu menyebarkan informasi pembangunan yang dilakukan pemerintah secara cepat dan bisa menjangkau masyarakat secara luas. Hal ini menjadi bukti bahwa pers perperan penting sebagai penyambung komunikasi yang positif antara Pemkab dan masyarakat, khususnya di era teknologi informasi yang semakin maju seperti saat ini. “Program pembangunan yang dilakukan Pemkab terkadang tidak bisa tersampaikan kepada masyarakat secara cepat. Maka, melalui wartawan dan media massa, masyarakat bisa mengetahui program, capaian dan sasaran pembangunan yang dilakukan pemerintah,” kata Agung.

Dalam podcast yang dipandu oleh Indah Ananta, host salah satu stasiun televisi swasta nasional ini, Agung juga menyambut baik dan berterimakasih atas kemitraan dan sinergi yang positif antara kalangan media massa dan Pemkab. Menurutnya, pers berperan mengedukasi masyarakat dan menyebarkan optimisme. Apalagi saat ini, maraknya media sosial menyebabkan siapa saja bisa menjadi "wartawan", tetapi tidak didukung oleh pengetahuan yang cukup, keahlian jurnalistik dan kode etik.

Ketua Paguyupan Wartawan Kulonprogo (PWK), Asrul Sani yang menjadi satu narasumber menjelaskan rangkaian Peringatan HPN 2023 di Kulonprogo meliputi kegiatan bedah rumah di Dusun Kepek, Kalurahan Pendoworejo, Kapanewon Girimulyo, pembagian sembako, penanaman bibit pohon dan puncak acara peringatan digelar pada Kamis (9/2) di kawasan wisata Bendung Kayangan, Kalurahan Pendoworejo, Kapanewon Girimulyo, dengan agenda talk show menghadirkan pembicara Penjabat Bupati Kulonprogo, Tri Saktiyana; Ketua DPRD Kulonprogo, Akhid Nuryati; serta sejumlah narasumber lain seperti Ketua Badan Promosi Pariwisata DIY dan Ketua PWI DIY. “Dengan adanya peringatan HPN ini kami berharap insan pers meneguhkan fungsi sebagai media informasi, pendidikan, hiburan dan kontrol sosial,” katanya. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenkes Buka Pendaftaran Lowongan Nakes untuk 4 Rumah Sakit

News
| Kamis, 25 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement