Advertisement

Peringati Bulan K3, Tenant Teras Malioboro Cek Kesehatan Gratis

Media Digital
Sabtu, 11 Februari 2023 - 07:27 WIB
Budi Cahyana
Peringati Bulan K3, Tenant Teras Malioboro Cek Kesehatan Gratis Sejumlah pedagang di Teras Malioboro 1 ikut serta dalam aksi donor darah dan cek kesehatan gratis dalam peringatan bulan K3, Jumat (10/2/2023) di Teras Malioboro. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sejumlah pelaku usaha, warga masyarakat umum, dan pedagang di kawasan Malioboro mengikuti program cek kesehatan gratis dalam rangkaian peringatan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di DIY yang dipusatkan di Teras Malioboro 1, Jogja, pada Jumat (10/2/2023). 

Pemeriksaan kesehatan dilangsungkan bersama dengan donor darah yang dimulai dengan kegiatan jalan sehat. Para peserta diajak mengecek kondisi hemoglobin, gula, dan juga hipertensi. Upaya ini sekaligus untuk mewujudkan budaya serta lingkungan kerja yang sehat dan nyaman demi peningkatan produktivitas. 

Advertisement

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY Aria Nugrhadi menjelaskan peringatan bulan K3 menjadi penting dalam meningkatkan kesadaran pekerja, khususnya pekerja informal, berkaitan dengan kesehatan maupun keselamatan. Apalagi jumlah pekerja informal di wilayah setempat cukup signifikan. 

"Terutama kaitannya dengan kawasan Malioboro sebagai Sumbu Filosofi, tentu saja dukungan terhadap penguatan aspek-aspek lain khususnya di bidang ketenagakerjaan harus dioptimalkan," kata Aria. 

Selain pemeriksaan kesehatan gratis dan juga aksi donor darah, peringatan bulan K3 di Teras Malioboro juga dijadikan momentum untuk melakukan penguatan kapasitas para pedagang atau tenant lewat pelatihan pemadaman kebakaran, pengecekan sarana dan prasana gedung di Teras Malioboro dan sebagainya. 

"Ini tentu sekaligus untuk menjamin kenyamanan dan keamanan bagi para pedagang, pengunjung dan seluruh masyarakat yang ingin berbelanja di Teras Malioboro," ujarnya. 

Ketua Panitia Bulan K3 DIY Prima Bagus Indarjaya menyebutkan, pemeriksaan kesehatan gratis di kawasan Malioboro khususnya bagi tenant di Teras Malioboro cukup penting untuk mendukung upaya Pemda DIY yang ingin agar UMKM di kawasan tersebut naik kelas. 

"Setelah dipindahkan ke Teras Malioboro harapannya kan ada modernisasi pasar, karena dulu kan bergerak di jalan sekarang sudah beda, sehingga perlu diikuti dengan kapasitas berkaitan dengan keselamatan dan kesehatan kerja," ucapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Aniaya Wartawan, Danlanal Ternate Copot Komandan Pos Lanal Hasel

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement