Advertisement

Disdikpora Berharap Ada 1.000 Guru Penggerak

Media Digital
Sabtu, 11 Februari 2023 - 23:47 WIB
Budi Cahyana
Disdikpora Berharap Ada 1.000 Guru Penggerak Ilustrasi guru. - Antara/Aloysius Jarot Nugroho

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bantul berharap di Bumi Projotamansari ada lebih banyak guru penggerak yang merupakan program yang dibentuk oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sebagai wujud dari semangat Merdeka Belajar.

Kepala Disdikpora Bantul, Isdarmoko mengatakan saat ini sudah ada 101 guru penggerak di Bantul yang tersebar di berbagai tingkat pendidikan mulai dari SD, SMP hingga SMA/SMK.

Advertisement

Dengan adanya guru penggerak tersebut diharapkan terjadi perubahan paradigma baru dalam proses belajar mengajar, yakni guru bukan lagi sebagai sumber bagi pelajar namun lebih dari itu yakni sebagai fasilitator. Meskipun begitu, Isdarmoko menyebut bahwa guru penggerak masih belum bisa menyeluruh karena guru yang memiliki potensi masih enggan ikut. Beberapa sekolah, menurut isdarmoko, hanya memiliki dua dan bahkan tidak ada guru penggerak.

“Bahkan guru yang potensial pun masih ada yang enggan mendaftar sebagai guru penggerak. Meski demikian, kami tetap menggelar sosialisasi,” katanya saat ditemui, Kamis (9/2/2023).

Menurut Isdarmoko, jajarannya mendorong sekolah yang memiliki guru potensial untuk bisa mendaftar sebagai guru penggerak sehingga ke depan keberadaan guru penggerak bisa merata di 17 kapanewon di Bantul. “Harapan kami di Bantul ada 1.000 guru penggerak sehingga benar-benar mampu mengubah paradigma belajar,” kata Isdarmoko.

Pendaftaran program guru penggerak di Bantul dibuka untuk tahap ke-10, mengingat pada tahap delapan dan sembilan telah ditutup. Dalam program ini calon guru penggerak juga mendapatkan pelatihan. Materi pelatihan untuk guru penggerak terutama berkaitan dengan kebijakan, implementasi, kepemimpinan, dan paradigma baru. “Sehingga ke depannya ketika pembelajaran dapat mengaktifkan, memandirikan siswa, dan mengoptimalkan hasil belajar anak,” kata Isdarmoko. (***)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Penetapan Pilpres oleh KPU, Gibran: Nanti Ada Beberapa Pertemuan

News
| Selasa, 23 April 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement