Advertisement

Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, Dispar Bantul Gelar Fam Trip Sebelum Bulan Puasa

Jumali
Minggu, 12 Februari 2023 - 12:17 WIB
Jumali
Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, Dispar Bantul Gelar Fam Trip Sebelum Bulan Puasa Wisatawan memadati Pantai Parangtritis, Sabtu (16/6/2018). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul akan menggelar Familiarization Trip (Fam trip) atau pengenalan destinasi wisata untuk pelaku usaha pada akhir bulan ini hingga Maret 2023. Diharapkan dengan adanya Fam trip akan menarik wisatawan dan menambah angka kunjungan wisata di Bantul.

BACA JUGA: Dispar Bantul Andalkan Libur Imlek

Advertisement

"Ada dua Famtrip rencananya digelar di bulan Februari dan Maret dengan melibatkan pelaku wisata. Semua dilakukan sebelum bulan Ramadan. Harapannya, setelah Ramadan, para pelaku perjalanan wisata bisa mengundang wisatawan datang ke Bantul. Tentunya kami berharap mereka membawa tamu asing,” kata Kepala Dispar Bantul Kwintarto Heru Prabowo, Minggu (12/2/2023).

Menurut Kwintarto, sejauh ini belum ada startegi khusus yang dipersiapkan jawatannya untuk mengatasi penurunan kunjungan wisata pada bulan Puasa nantinya. Dispar Bantul tidak menyiapkan event khusus saat bulan Puasa. Meskipun demikian, wisatawan yang akan datang di objek wisata di Bumi Projotamansari tetap akan dilayani.

“Karena kunjungan wisata baru akan pulih saat Lebaran. Biasanya, objek wisata di Bantul diserbu wisatawan,” terangnya.

Sub Koordinator Kelompok Substansi Promosi Kepariwisataan Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul, Markus Purnomo Adi mengungkapkan kunjungan wisatawan di Bantul dari 1 Januari hingga 5 Februari 2023 sudah mencapai  298.964 orang dan memberikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) senilai Rp2,8 miliar.

Guna mendongkrak jumlah wisatawan sebelum puasa, pihaknya telah   menyiapkan beberapa agenda di bulan Februari. Salah satunya adalah Festival Burung Paruh Bengkok di kawasan wisata gumuk pasir dan Festival Coast to Coast di Parangtritis Geomaritim Science Park.

Kemudian setelah Ramadan atau pada bulan Juni Dispar akan menggelar Festival Kuliner, dan di bulan Juli akan ada  Festival Symphony Gumuk Pasir. Setelahnya, di bulan Agustus ada Festival Bregodo dan Keroncong Pesisiran, dan terakhir di bulan Oktober ada Festival Lampion.Selain itu juga ada sembilan kali pentas kesenian yang akan digelar di sejumlah destinasi wisata.

Ia mengatakan, sejumlah kegiatan tersebut belum termasuk agenda wisata yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata DIY yang digelar di Bantul dan juga oleh para pengelola destinasi wisata seperti Jogja Air Show (JAS) dan festival layang-layang.

"Kami berharap ahar agenda pariwisata yang akan digelar tahun ini dapat mendongkrak kunjungan wisatawan ke Bantul," harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 5 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Rumah Tersangka Korupsi Timah Harvey Moeis Digeledah Kejagung, Sejumlah Kendaraan Mewah Disita

News
| Sabtu, 20 April 2024, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement