Advertisement

Jumlah Wisatawan Drop di Awal Tahun, Dispar Bantul Andalkan Libur Imlek

Hadid Husaini
Selasa, 17 Januari 2023 - 21:17 WIB
Arief Junianto
Jumlah Wisatawan Drop di Awal Tahun, Dispar Bantul Andalkan Libur Imlek Wisatawan bersiap menyewa ATV di Pantai Parangtritis.. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL – Jumlah wisatawan di Bantul mengalami penurunan pada pekan kedua Januari 2023. Meskipun begitu Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul menyebut penurunan masih bersifat fluktuatif.

Sub Koordinator Kelompok Substansi Promosi Kepariwisataan, Markus Purnomo Adi menyebut pekan ini akan terjadi lonjakan wisatawan, tepatnya saat libur Imlek. “Minggu depan itu akan ada long weekend karena Imlek, saya yakin pekan ini bisa melonjak,” kata Markus, Senin (17/1/2023).

Advertisement

Berdasarkan data Dispar Bantul, pada pekan kedua bulan ini, jumlah pengunjung yang datang ke Bantul mencapai 50.993 wisatawan, turun 15% dibanding pekan pertama sebanyak 60.051 wisatawan.

BACA JUGA: Pekan Pertama Tahun Ini, Wisata Bantul Sepi Pengunjung

Sementara data kunjungan akhir di akhir pekan kedua bulan ini adalah sebanyak 34.486 wisatawan, turun 8% dari minggu pertama dengan total pengunjung mencapai 37.673.

Adapun jumlah wisatawan yang berkunjung ke Bantul yang melakukan reservasi melalui Visiting jogja pada minggu ini masih didominasi oleh wisatawan dari wilayah Jawa Tengah sebesar 1328 wisatawan (56,1%), sedangkan DIY berada di posisi kedua dengan 520 wisatawan (21,9%).

Untuk menyambut libur Imlek, Dispar Bantul hanya menyiapkan tenaga yang ada di lapangan dalam penarikan retribusi. “Kami mengingatkan kepada teman-teman di lapangan untuk terkait penarikan retribusi,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement