Advertisement

Puluhan Mahasiswa Asing Belajar di FIB UGM

Lugas Subarkah
Senin, 13 Februari 2023 - 07:37 WIB
Sunartono
Puluhan Mahasiswa Asing Belajar di FIB UGM Ilustrasi belajar. - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UGM menerima puluhan mahasiswa dalam program pertukaran mahasiswa yang berasal dari berbagai fakultas ilmu budaya dari perguruan tinggi dari dalam dan luar negeri.

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FIB UGM, Nur Saktiningrum, menuturkan pada semester genap tahun ini, FIB UGM untuk pertama kalinya menerima 21 mahasiswa pertukaran dari Konsorsium Dekan FIB se-Indonesia.

Advertisement

Konsorsium ini bertujuan untuk memajukan pendidikan dan penelitian Ilmu-ilmu Kebudayaan melalui kerja sama antara 16 FIB di seluruh Indonesia. “FIB UGM sendiri menerima 21 mahasiswa dari sembilan kampus,” ujarnya, Minggu (12/2/2023).

Beberapa perguruan tinggi yang mengirimkan mahasiswanya ikut program pertukaran mahasiswa dalam bidang kebudayaan diantaranya dari Universitas Indonesia (UI), Universitas Airlangga (UNAIR), Universitas Andalas (UNAND), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Diponegoro (UNDIP), Universitas Halu Oleo (UHO), Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED), Universitas Sumatera Utara (USU), dan Universitas Udayana (UNUD).

Selain menerima mahasiswa pertukaran antar-FIB, FIB UGM juga menerima 20 mahasiswa dari berbagai universitas di luar negeri yang akan mempelajari kebudayaan Indonesia serta melakukan penelitian di berbagai bidang di Indonesia. “Mahasiswa yang datang berasal dari Korea, Jepang, Jerman, Ceko, Brunei, dan berbagai negara lainnya,” katanya.

Para mahasiswa program pertukaran antar-FIB dan internasional ini sebelumnya sudah mengikuti Inbound Students’ Orientation (ISO) Meeting pada 8 Februari lalu di FIB UGM. Kepala Kantor Urusan Internasional (OIA) UGM, I Made Andi Arsana, berpesan agar para mahasiswa bisa memanfaatkan waktu selama program ini semaksimal mungkin.

“Untuk menimba ilmu dan berbagi pengalaman dalam kegiatan program pertukaran mahasiswa ini. Saya kira ini kesempatan unik bagi mahasiswa untuk dapat merasakan atmosfer Jogja dan membangun relasi antar mahasiswa dari seluruh Indonesia dan dunia,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Diserang Israel, Iran Sebut Fasilitas Nuklir Aman dan Siap Membalas dengan Rudal

News
| Jum'at, 19 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement