Advertisement

Festival Kampung Wisata Jogja Penuh Atraksi Seni Budaya

Media Digital
Selasa, 14 Februari 2023 - 22:27 WIB
Budi Cahyana
Festival Kampung Wisata Jogja Penuh Atraksi Seni Budaya Suasana keramian Festival Kampung Wisata yang diselengarakan Dinas Pariwisata Jogja, Sabtu (11/2/2023). - Istimewa

Advertisement

JOGJA—Dinas Pariwisata (Dinpar) Jogja menyelenggarakan Festival Kampung Wisata pada Sabtu (11/2/2023). Diikuti empat kampung wisata, festival tersebut dimaksudkan untuk mendorong peningkatan jumlah wisatawan dan memperpanjang waktu kunjungan wisata, khususnya di kampung wisata.

Empat kampung wisata yang berpartisipasi adalah Kampung Wisata Cokrodiningratan, Kampung Wisata Sosromenduran, Kampung Wisata Suryatmajan, dan Kampung Wisata Ratmakan. Semua peserta tersebut menampilkan potensi wisatanya masing-masing, terutama atraksi seni budaya.

Advertisement

Seperti Kampung Wisata Suryatmajan yang menampilkan Calung Funk, Tari Maumere, dan Band West Code. Lalu Kampung Wisata Sosromenduran menampilkan Barongsai Singo Mataram dan tarian kreasi. Kemudian, Kampung Wisata Cokrodiningratan menampilkan dolanan anak, Band Klangenan Suworo, dan Tari Kenes Arum. Terakhir, Kampung Wisata Ratmakan menampilkan ketoprak humor.

Berlokasi di Jalan I Dewa Nyoman Oka Kotabaru, festival kampung wisata tersebut juga dimaksudkan untuk memberdayakan masyarakat melalui sektor industri pariwisata. Kepala Dinpar Jogja Wahyu Hendratmoko menyebut kampung wisata butuh event untuk meneguhkan eksistensinya.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membuat sebuah event yang mampu menunjukkan eksistensi dan menambah wawasan masyarakat terkait potensi yang terdapat di Kampung Wisata se-Jogja sehingga kita lebih mengerti dan turut serta dalam melestarikannya,” jelasnya, Selasa (14/2/2023).

Wahyu menjelaskan festival tersebut bertajuk Masyarakat Kreatif Kampung Wisata Produktif dimana agar semangat kampung wisata supaya menumbuhkembangkan kreativitas untuk mendukung kegiatan wisata di wilayahnya.

Total Kampung Wisata di Jogja sendiri ada 25. “Di Kotabaru ini jadi yang pertama di tahun ini, selanjutnya total ada enam festival yang sudah kami agendakan agar kampung wisata tetap bersemangat,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement