Advertisement

Pemkab Gunungkidul Wacanakan JJLS Nyambung ke Pelabuhan Sadeng

David Kurniawan
Kamis, 16 Februari 2023 - 09:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pemkab Gunungkidul Wacanakan JJLS Nyambung ke Pelabuhan Sadeng Aktivitas nelayan di kawasan Pelabuhan Sadeng di Kecamatan Girisubo, Senin (6/4/2020). - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Pemkab Gunungkidul memiliki rencana untuk menyambungkan Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) dengan Pelabuhan Sadeng di Kalurahan Songbanyu, Girisubo. Langkah ini sebagai upaya mengoptimalkan hasil perikanan laut di kawasan tersebut.

Kepala Bidang Perencanaan, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Gunungkidul, Agus Sugiarto mengatakan, terus menyiapkan program stretegis guna mendukung visi misi Gubernur DIY untuk pengembangan kawasan pesisir. Upaya ini sudah dilakukan dengan membuat grand desain antara Pantai Baron di Kapanewon Tanjungsari sampai ke kawasan Watugupit di Kapanewon Purwosari.

Advertisement

Selain itu, juga ada rencana pengembangan di sisi timur. Salah satunya berkaitan dengan keberadaan Pelabuhan Sadeng di Kapanewon Girisubo. Menurut dia, sudah ada rencana untuk menyambungkan antara Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) dengan pelabuhan di sisi timur Gunungkidul ini.

“Masih rencana, tapi ada upaya mewujudkan program ini,” kata Agus, Kamis (16/2/2023).

Baca juga: Pemda DIY Siapkan 2 Opsi Jadwal Konsultasi Publik Tol Jogja-YIA, Digelar Pararel atau Bersamaan?

Dia menjelaskan, untuk realisasi program ini, pemkab terus berkoordinasi dengan Pemerintah DIY karena kewenangan pengelolaan Pelabuhan Sadeng berada di provinsi. Agus mengungkapkan, pembahasan masih dalam perencaan awal sehingga prosesnya masih membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

“Tujuan membuka akses yang nyambung antara JJLS dengan Pelabuhan Sadeng untuk mengoptimalkan potensi perikanan di kawasan tersebut,” katanya.

Disinggung mengenai jalurnya, Agus belum bisa memastikan karena pembahasan masih di tahap awal. Meski demikian, ia mengakui ada rencana membuka jalur baru agar lebih efisien dari sisi jarak maupun waktu tempuh.

Hanya saja, lanjut dia, belum ada kepastian karena masih dalam proses pembahasan maupun perencanaan. “Blue print-nya belum jadi sehingga belum bisa memaparkan. Yang jelas, kami terus berupaya agar JJLS bisa nyambung ke Pelabuhan Sadeng,” katanya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditanya soal Kemungkinan Maju di Pilkada, Kaesang Memilih Ini

News
| Jum'at, 26 April 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement