Advertisement

Nelayan Pantai Baron Panen Teri

David Kurniawan
Kamis, 15 September 2022 - 06:27 WIB
Arief Junianto
Nelayan Pantai Baron Panen Teri Ilustrasi. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, Gunungkidul – Nelayan Pantai Baron di Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari, Gunungkidul saat ini sedang panen ikan teri. Dalam sekali melaut, satu kapal dapat membawa pulang ikan teri hingga dua kuintal.

Ketua Kelompok Nelayan Pantai Baron, Sumardi mengatakan, para nelayan sedang mengalami musim panen, khususnya ikan teri. Sejak Selasa (13/9/2022) hasil tangkapan melimpah ruah. “Lagi musim teri dan hasil lumayan bagus,” kata Mardi kepada wartawan, Rabu (14/9/2022).

Advertisement

Menurut dia, ada tujuh perahu yang menangkap teri. Adapun hasilnya para nelayan bisa membawa pulang teri seberat dua kuintal setiap perahunya. “Untuk harga masih bagus di kisaran Rp15.000 per kilogram,” katanya.

BACA JUGA: Bendungan Beton di Ponjong Gunungkidul Akan Dilengkapi Arena Bermain & Jadi Destinasi Wisata Baru

Mardi berharap masa tangkap yang baik ini bisa bertahan lama sehingga nelayan tetap mendapatkan untuk. Terlebih lagi dengan adanya kenaikan BBM, maka ikut berdampak terhadap biaya operasional yang dikeluarkan. “Mudah-mudahan tangkapan nelayan terus melimpah pada saat melaut,” katanya.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah 2 DIY di Pantai Baron, Marjono membenarkan saat sekarang sedang mulai musim panen teri. Hal ini terlihat tangkapan nelayan didominasi ikan teri.

Dia berharap kepada nelayan untuk tetap berhati-hati dan waspada saat beraktivitas di laut. Menurut Marjono, yang tak kalah penting tetap menggunakan alat pelindung diri seperti pelampung.

Alat perlindungan ini untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan agar mengurangi risiko pada saat terjadi kecelakaan di laut. “Kami terus mengimbau agar nelayan terus menggunakan jaket pelampung untuk keselamatan. Alat pelindung ini sangat penting untuk antisipasi kecelakaan sehingga korban jiwa bisa dihindarkan,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

TWC Targetkan Wisatawan Candi Borobudur & Prambanan Naik 37% Saat Libur Lebaran

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement