Advertisement

Bendungan Beton di Ponjong Gunungkidul Akan Dilengkapi Arena Bermain & Jadi Destinasi Wisata Baru

David Kurniawan
Rabu, 14 September 2022 - 14:57 WIB
Budi Cahyana
Bendungan Beton di Ponjong Gunungkidul Akan Dilengkapi Arena Bermain & Jadi Destinasi Wisata Baru Salah seorang warga melintas di jalan di samping Bendungan Beton di Kalurahan Umbulrejo, Ponjong, 14 Juli 2022. - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Pemkab Gunungkidul telah menyelesaikan masterplan revitalisasi Bendungan Beton di Desa Umbulrejo, Ponjong, Gunungkidul. Program ini adalah upaya menghidupkan sektor kepariwisataan di sisi timur Gunungkidul.

Kepala Bidang Perekonomian dan Pemberdayaan Masyarakat, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Gunungkidul, Nurudin Araniri, mengatakan revitalisasi Bendungan Beton merupakan bagian dari upaya pengembangan desa wisata di Umbulrejo, Ponjong. Pembangunan masih dalam tahap perencanaan dengan menyelesaikan masterplan serta detail engineering design (DED) tahap pertama. “Rencananya ada empat DED, tapi sekarang baru diselesaikan satu untuk revitalisasi Beton,” kata Nurudin, Rabu (14/9/2022).

Dia menjelaskan lanskap bendungan akan ditata. Akan dibangun pula toilet, kolam ikan, kolam anak-anak, arena seluncur hingga tempat kuliner.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

“Intinya ada upaya mempercantik kawasan Beton sehingga dapat menarik minat para pengunjung,” ungkapnya.

Pemkab baru mengusulkan anggaran revitalisasi melalui dana keistimewaan senilai Rp8 miliar untuk pembangunan tahap pertama.

“Kalau disetujui, realisasi pembangunan dimulai 2024 karena usulan penggunakan danais harus diajukan dua tahun sebelum pelaksanaan pembangunan,” katanya.

Menurut dia, alokasi Rp8 miliar baru digunakan untuk pembangunan tahap pertama. Sesuai perencanaan, masih ada tiga tahapan untuk menyelesaikan rehab sesuai dengan masterplan yang disusun.

“Memang harus bertahap dan penataan kawasan ini ditarget selesai di 2028 mendatang,” katanya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Gunungkidul Saptoyo mengatakan pengembangan Desa Wisata Umbulrejo merupakan salah satu upaya dari pemkab untuk menghidupkan wisata di sisi timur Gunungkidul.

Advertisement

BACA JUGA: Setelah Beraksi di 18 Lokasi, Maling Spesialis Kambing Dicokok Polisi

Hingga sekarang, destinasi wisata masih terkonsentraso di sisi selatan, khususnya kawasan pantai. Oleh karenanya, ada upaya pengembangan destinasi selain kawasan pantai. “Salah satunya di Umbulrejo, Kapanewon Ponjong,” katanya.

Umbulrejo memiliki banyak potensi. Selain keberagaman budaya, kawasan itu memiliki potensi sumber daya alam berupa gua, perbukitan hingga keberadaan Bendungan Beton.

Advertisement

“Pengembangan wisata ini akan berpusat di Bendungan Beton. Nantinya ada integrasi antardestinasi seperti Beton-Gua Cokro atau yang lain karena menjadi satu kawasan,” katanya. 

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejari Purwokerto Tangkap Buronan Kejati Maluku Utara

News
| Kamis, 29 September 2022, 03:37 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement