Advertisement

Dosen UII Hilang Kini Terdeteksi di Boston Amerika Serikat, Sebelumnya Terlacak di Istanbul

Sunartono
Minggu, 19 Februari 2023 - 20:28 WIB
Sunartono
Dosen UII Hilang Kini Terdeteksi di Boston Amerika Serikat, Sebelumnya Terlacak di Istanbul Ahmad Munasir Rafie Pratama. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Peristiwa hilangnya dosen FTI Universitas Islam Indonesia (UII) Ahmad Munasir Rafie Pratama saat perjalanan dari Norwegia kini mulai ada titik terang. Rafie sempat terdeteksi di Boston, Amerika Serikat setelah sebelumnya terlacak berada di Istanbul.

Kepastian itu disampaikan oleh Rektor UII Profesor Fathul Wahid lewat keterangan resminya, Minggu (19/2/2023) malam. Ia bersyukur bahwa upaya untuk menemukan keberadaan Rafie kini menunjukkan ada perkembangan. Terbaru, Rafie diketahui terlacak berada di Boston, Amerika Serikat.

Advertisement

“Berdasarkan informasi yang diterima oleh keluarga melalui UII dari Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, Rafie terdeteksi masuk Amerika Serikat melalui Bandara Boston pada 13 Februari 2023. Temuan ini didasarkan pada data dari United States Customs and Border Protection,” kata Fathul.

BACA JUGA : Masih Belum Ditemukan, Pencarian Dosen UII Libatkan Interpol

UII dan keluarga menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Kemlu RI dan semua jajaran di KBRI Oslo, KBRI Ankara, KJRI Istanbul, KJRI New York, KBRI Riyadh, PP Muhammadiyah. “Dan pihak lain yang tidak dapat kami sebut satu per satu, atas bantuan yang diberikan dalam upaya pelacakan ini,” ujarnya.

Meski demikian, Fathul memastikan lokasi keberadaan Rafie di Boston tidak diketahui secara pasti. Begitu juga, UII belum mengetahui misi atau alasan mengapa dosen kelahiran 1986 itu menuju Boston sekembalinya dari Oslo melalui Istanbul, dan tidak langsung ke Indonesia. “Sampai saat ini, yang bersangkutan belum bisa dihubungi,” katanya.

BACA JUGA : Dosen UII Hilang di Turki, Ada Jejak Digital yang Ditemukan

Ia berharap Rafie segera menghubungi untuk mengabarkan lokasi dan keadaannya. Setelah misi di Boston selesai, dapat kembali ke Indonesia dalam keadaan sehat dan baik. “Jika dibutuhkan bantuan pendampingan atau penjemputan, UII akan berkoordinasi dengan Kemlu RI dan/atau KJRI New York,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenkes Buka Pendaftaran Lowongan Nakes untuk 4 Rumah Sakit

News
| Kamis, 25 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement