Advertisement

Akan Dibuka Sebagian untuk Mudik Lebaran, Kapan Tol Jogja Solo Selesai?

Taufiq Sidik Prakoso & Sunartono
Senin, 20 Februari 2023 - 16:57 WIB
Budi Cahyana
Akan Dibuka Sebagian untuk Mudik Lebaran, Kapan Tol Jogja Solo Selesai? Pembangunan Tol Jogja Solo di Kartasura, Jawa Tengah, Selasa (20/9/2022). - JIBI/Bisnis.com/Himawan L Nugraha

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebagian ruas Tol Jogja Solo akan dibuka secara fungsional pada mudik Lebaran tahun ini meski belum selesai dikerjakan. Tol Jogja Solo Seksi 1 ditargetkan selesai tahun depan.

Proyek Tol Jogja Solo terus dikebut agar saat mudik Idulfitri tahun ini, ruas dari Kartasura sudah bisa dibuka secara fungsional.

Advertisement

General Manager Lahan dan Utilitas PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM), Muhammad Amin, mengatakan ruas tol yang dibuka akan digratiskan saat periode mudik Lebaran 2023. Mekanisme pastinya masih menunggu arahan dari Kementerian Perhubungan.

“Saat ini masih ditinjau kemungkinannya, karena dikhawatirkan akan menimbulkan kemacetan di STA [stasiun] 13 [di Klaten, Jateng],” ucapnya, Jumat (17/2/2023).

Menurutnya proses pengerjaan tol akan terus dikebut. Komunikasi terus dijalin dengan semua pemangku kepentingan agar pengerjaannya bisa cepat dan maksimal. “Percepatan pembangunannya kami terus berusaha semaksimal mungkin, terus menjalin komunikasi dengan stakeholder terkait," katanya.

Amin menyebut ruas Tol Jogja Solo yang dibuka untuk arus mudik Lebaran yakni ruas Kartasura sampai Kateguhan, Boyolali, sepanjang enam kilometer untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas saat arus mudik dan balik Lebaran tahun ini.

BACA JUGA: Puluhan Ruas Jalan Umum Rusak akibat Tol Jogja Solo, PT JMM Minta Maaf

“Dari Kartasura, Colomadu, lewat tol itu lampu merah lurus mengikuti naik ke atas ke jalan yang sudah dibeton sampai ke STA 6 [Desa Kateguhan, Kecamatan Sawit, Boyolali],” kata Amin.

Sebelum Lebaran, ruas Tol Jogja Solo dari Kartasura hingga STA 6 atau wilayah Kateguhan sejauh 6 km sudah siap untuk dibuka dan dilintasi kendaraan bermotor saat arus mudik dan balik.

BACA JUGA: Konsultasi Publik Tol Jogja-YIA Menunggu Tuntasnya Pendataan Tanah Mepet Rel Kereta Api

Amin kembali menegaskan rencana membuka ruas Tol Jogja Solo dari Kartasura sampai Kateguhan itu masih bersifat fungsional dan hanya saat arus mudik Lebaran. Setelah itu, ruas jalan tersebut ditutup lagi untuk melanjutkan proyek pembangunan Tol Jogja Solo.

PT JMM menargetkan ruas Tol Jogja Solo dari Kartasura hingga Purwomartani, Kalasan, Sleman, selesai dikerjakan pada triwulan I 2024. Pada triwulan kedua 2024, Tol Jogja Solo dari Kartasura sampai Purwomartani bisa dibuka dan dioperasikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kasus Pengemudi Arogan Mengaku Adik Jenderal Kini Diusut Bareskrim

News
| Kamis, 18 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement