Advertisement

Mengapa Dosen UII Ahmad Munasir Diam-diam ke Amerika Serikat? Hanya Dia dan Tuhan yang Tahu

Newswire
Rabu, 22 Februari 2023 - 17:32 WIB
Budi Cahyana
Mengapa Dosen UII Ahmad Munasir Diam-diam ke Amerika Serikat? Hanya Dia dan Tuhan yang Tahu Ahmad Munasir Rafie Pratama - informatics.uii.ac.id

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Polri menyebut alasan dosen Universitas Islam Indonesia (UII) Ahmad Munasir Rafie Pratama pergi diam-diam ke Amerika Serikat belum terungkap. Bahkan, pejabat Polri mengatakan hanya Tuhan dan Ahmad Munasir yang tahu kepentingannya ke Amerika.

“Terakhir masih di Boston, belum keluar dari Amerika,” kata Kepala Divisi Hubungan Internasional (Hubinter) Polri Irjen Pol. Krishna Murti di Jakarta, Selasa (21/2/2023).

Advertisement

Krishna mengatakan Ahmad Munasir tidak bisa disebut sebagai hilang, karena yang bersangkutan sudah memesan tiket pesawat Istambul-Boston sebelum berangkat dari Jakarta.

“Ada bukti elektronik yang bersangkutan memesan pesawat Istambul-Boston sebelum berangkat dari Jakarta,” katanya.

Menurut dia, Ahmad Munasir bukan pertama kali ke Boston, Amerika. Dari hasil penelusuran yang dilakukan kepolisian yang berkoordinasi dengan KBRI di Oslo, Ankara dan Amerika terdapat sejumlah bukti otentik Dosen Jurusan Informatika Fakultas Teknik Informatika UII itu masuk ke Boston tanggal 13 Februari.

“Kami punya list keluar masuk yang bersangkutan ke Amerika selama beberapa tahun terakhir, kurang lebih delapan kali kami dapatkan. Phd [gelar doktoral] dia juga kan di Amerika,” kata mantan Dirreskrimum Polda Metro Jaya itu.

BACA JUGA: Diam-Diam ke Boston, Dosen UII Ahmad Munasir Punya Ikatan Erat dengan Amerika Serikat

Ia menyebut Ahmad Munasir memisah dari rombongannya dari Istanbul sepulang dari Norwegia. Ketika rombongan dosen UII, termasuk rektor, pulang ke Jakarta, Ahmad Munasir tidak naik pesawat yang sama, tetapi transit untuk mengganti pesawat.

Kepolisian berkesimpulan, Ahmad Munasir mengubah rute kepulangannya tanpa memberitahukan kepada rekan-rekannya.

“Jadi sementara kami menganggap beliau mengubah rute perjalanan ke Boston Amerika, dengan kepentingan yang kami tidak tahu. Sementara kami menganggap demikian,” katanya.

Polisi belum mengajukan penerbitan Yellow Notice terhadap Ahmad Munasir karena dia tidak hilang tapi menghilangkan diri.

Ihwal apa kepentingan Ahmad Munasir di Amerika Serikat, Krishna menyebut hanya Ahmad Munasir dan Tuhan yang tahu.

“Setelah masuk Amerika, kami juga sudah dapat nomor Amerikanya, tetapi enggak nyala,” kata Krishna.

BACA JUGA: Dosen UII Hilang Dikenal Punya Banyak Publikasi Jurnal Internasional Bereputasi

Ahmad Munasir Rafie Pratama melakukan perjalanan ke Oslo, Norwegia pada 4 Februari 2023 untuk mengikuti aktivitas global di University of South-Eastern Norway (USN) di Norwagia.

Saat pergi ke Norwegia, Ahmad tidak sendiri. Dia pergi dengan tiga orang lainnya, salah satunya Rektor UII Fathul Wahid

Seharusnya Ahmad Munasir kembali 12 Februari melalui Istambul dengan penerbangan Turkish Airlaines dan mendarat di Badnara Internasional Soekarno-Hatta pada Kamis (16/2/2023). Dia dilaporkan hilang kontak setelah berkomunikasi terakhir dengan istrinya pada Minggu siang (12/2/2023) dalam perjalanan pulangnya yang saat itu berada di Bandara Oslo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Program Desa Bersih Narkoba Bisa Menggunakan Dana Desa

News
| Selasa, 23 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement