Advertisement

Jelang Ramadan, Warga Sedan Ngaglik Sleman Bersih-Bersih Makam

Anisatul Umah
Senin, 27 Februari 2023 - 04:27 WIB
Budi Cahyana
Jelang Ramadan, Warga Sedan Ngaglik Sleman Bersih-Bersih Makam Bersih-bersih makam di Dusun Sedan, Ngaglik, Sleman, Minggu (26/2/2023). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Menyambut Ramadan, warga Dusun Sedan, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, menggelar bersih-bersih makam. Ini menjadi salah satu tradisi yang masih dirawat hingga saat ini.

Dukuh Sedan Miyarno mengatakan tradisi ini rutin dilakukan oleh warga setiap tahun. Puluhan warga pada Minggu (25/2/2023) pagi sekitar pukul 06.00 WIB sudah mulai bergotong royong membersihkan makam Sasonoloyo Tegalmulyo Tegal Krapyak, Dusun Sedan.

Advertisement

Tidak hanya makam milik keluarga, makam milik warga lainnya turut dibersihkan. Menurutnya kegiatan bersih makam ini sempat terhenti saat pandemi Covid-19 melanda kurang lebih tiga tahun.

"Bersih-bersih makam Tegalmulyo Tegal Krapyak Dusun Sedan ini rutin dilakukan setiap tahun sebelum bulan puasa," ucapnya.

Selepas bersih-bersih digelar doa bersama oleh warga. Ketua Pengurus Makam Tegalmulyo Tegal Krapyak Dusun Sedan, Boni bersyukur kegiatan ini bisa berjalan dengan baik, sehingga makam lebih bersih dan tertata rapi.

"Alhamdulillah, sekarang terlihat bersih dan tertata rapi. Selain itu aturan makam sudah ada," paparnya.

Salah satu peserta bersih makam, Potil mengaku senang kegiatan ini bisa kembali digelar. "Senang bisa bersih makam bersama warga lainnya." 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement