Advertisement

Dosen UMY Tingkatkan Penguatan Organisasi SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta Melalui Komunikasi Organisasi Efektif

Media Digital
Jum'at, 03 Maret 2023 - 17:32 WIB
Budi Cahyana
Dosen UMY Tingkatkan Penguatan Organisasi SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta Melalui Komunikasi Organisasi Efektif Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melakukan pelatihan komunikasi organisasi kepada SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta, Kamis (2/3 - 2023).

Advertisement

JOGJADosen Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melakukan pelatihan komunikasi organisasi kepada SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta, Kamis (2/3/2023).

Pelatihan ini diikuti 30 peserta yang terdiri dari guru dan tenaga pendidik SMA Muhammadiyah 3. Mereka mendapat pelatihan komunikasi organisasi yang efektif untuk memperkuat organisasi SMA Muhammadiyah 3 dalam mewujudkan sekolah yang sederhana, muda, dan entrepreneur.

Advertisement

Pelaksanaan pelatihan dan pendampingan ini merupakan wujud nyata dari salah satu tri dharma perguruan tinggi, yakni pengabdian kepada masyarakat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Tim Pengabdian kepada Masyarat UMY diketuai Adhianty Nurjanah, dosen Ilmu Komunikasi UMY, dan beranggotakan SN Nurul Makkiyah dosen Ilmu Kedokteran UMY.

Berdasarkan pemaparan materi yang disampaikan oleh Adhianty Nurjanah, manusia pada hakikatnya adalah makhluk sosial yang membutuhkan interaksi, dan membutuhkan untuk menyatakan pendapatnya sehingga hal ini menegaskan bahwa setiap orang membutuhkan komunikasi, tak terkecuali pada proses berinteraksi di organisasi.

Komunikasi itu sangat penting untuk membuat kita dalam organisasi bisa saling bersinergi, kemudian mengurangi kesalahpahaman yang akan menimbulkan konflik, serta tak terkecuali untuk mendukung mewujudkan tujuan organisasi. Seperti di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta ini yang memiliki tujuan untuk mencetak generasi alumni yang bertaqwa, sederhana, dan enterpenur. Semua itu perlu dikomunikasikan di internal organisasi agar visi yang diharapkan dapat terwujud,” jelasnya pada saat penyampaian materi Komunikasi Organisasi untuk Penguatan organisasi.

Pelatihan yang dikemas dengan metode sharing session diikuti dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, kepala bidang tiap urusan, maupun tenaga kependidikan. Pimpinan sekolah menyambut baik dan berterima kasih atas Kerjasama Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dalam melaksanakan pengabdian.

Kami berhatap kegiatan ini dapat memberikan mafaat untuk kami dan tetap akan dilanjutkan untuk memperkuat komunikasi organisasi di internal Sekolah SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta dan saling menjalin silaturahmi,” ujar Fitri Sari Sukmawati, M.Pd

Pelaksanaan pengabdian penguatan organisasi SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta melalui komunikasi organisasi efektif berjalan lancar dan mendapatkan perhatian penuh dari peserta pelatihan. Hal ini dapat dilihat dari aktifnya peserta pada sesi diskusi tanya jawab serta aktif dalam bertukar informasi pada saat pengbadian berlangsung.

Pada kesempatan pelatihan ini, Tim Pengabdian Dosen UMY turut memberikan satu unit Speaker Polytron untuk mendukung proses komunikasi organisasi yang efektif untuk penyampaian pesan pesan yang terorganisir di SMA Muhammadiyah 3 Yogyaakrta.

Pengabdian Masyarakat Skema PKM ini menjadi solusi untuk membenahi proses komunikasi organisasi internal SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta untuk mencapai visi sekolah yang Berimtaq, Berpikir Kritis, Mandiri, Berwawasan Global, dan Berjiwa Entrepreneur. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement