Advertisement

Jelang Ramadan, Dinas Perdagangan Gunungkidul Berkomitmen Jaga Stok Minyakita

David Kurniawan
Sabtu, 04 Maret 2023 - 11:27 WIB
Budi Cahyana
Jelang Ramadan, Dinas Perdagangan Gunungkidul Berkomitmen Jaga Stok Minyakita Ilustrasi warga mengantre membeli minyak goreng kemasan saat peluncuran Minyakita. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Perdagangan Gunungkidul terus berupaya menjaga harga Minyakita tetap stabil hingga perayaan Idulfitri. Penyaluran dengan menggandeng distributor akan terus dilakukan sehingga harga jual sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET).

Kepala Seksi Distribusi Dinas Perdagangan Gunungkidul, Retno Utami, mengatakan Minyakita yang disalurkan ke pasar sebanyak 45.252 liter. Jumlah ini disalurkan ke sejumlah pedagang di Pasar Argosari, Wonosari; Besole; Playen; Semin hingga Semanu. Menurut dia, para pedagang diwajibkan membuat pakta integritas menjual Minyakita sesuai dengan HET sebesar Rp14.000 per liter.

Advertisement

“Hari ini kami salurkan di Pasar Playen sebanyak 7.392 liter,” kata Retno kepada wartawan, Jumat (3/3/2023).

Dinas akan terus berusaha agar tidak ada kelangkaan Minyakita pada saat Ramadan dan Lebaran. Oleh karenanya, upaya operasi pasar akan terus dilakukan.

Namun, dia belum bisa memastikan berapa liter minyak yang akan disalurkan karena harus dikoordinasikan dengan distributor.

“Yang jelas, kami terus berusaha agar harga jual di pasar tetap stabil dan sesuai dengan HET yang tertera dalam kemasan,” ungkapnya.

Salah seorang pedagang di Pasar Playen, Tutik Sugiyarti, mengatakan kelangkaan Minyakita terjadi sejak tiga bulan yang lalu. Ia mengaku sempat mencari hingga ke Kota Jogja agar bisa memiliki stok barang untuk dijual.

“Minyakita memang banyak dicari oleh pembeli karena harganya miring. Dari sisi kualitas tidak kalah dengan minyak kemasan lainnya,” kata Tutik.

Dia berharap keberadaan Minyakita kembali normal dan tersedia dengan mudah agar pembeli tidak kesulitan mendapatkannya. Tutik pun berterima kasih dengan penyaluran yang dilakukan oleh Dinas Perdagangan Gunungkidul.

Menurut dia, pedagang diminta membuat perjanjian tidak menjual Minyakita di atas Rp14.000 per liter. “Ini yang harus ditaati. Saya akan menjualnya sesuai aturan karena dari distributor harganya di bawah HET sehingga tetap bisa mendapatkan untung,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenkes Buka Pendaftaran Lowongan Nakes untuk 4 Rumah Sakit

News
| Kamis, 25 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement