Advertisement

Nguri-uri Budaya dalam Temu Alumni FK-KMK UGM Lewat Petunjukan Wayang Wong

Media Digital
Minggu, 05 Maret 2023 - 12:07 WIB
Budi Cahyana
Nguri-uri Budaya dalam Temu Alumni FK-KMK UGM Lewat Petunjukan Wayang Wong Temu Alumni FK-KMK UGM, Sabtu malam (4/3/2023). - Harian Jogja

Advertisement

SLEMANFakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK) Universitas Gadjah Mada (UGM) merayakan ulang tahun ke-77 pada 5 Maret 2023. Berbagai rangkaian acara digelar dalam perayaan ulang tahun ini.

Temu Alumni FK-KMK pada Sabtu malam (4/3/2023) menjadi puncak acara dengan menggelar Wayang Wong Mbangun Pertapan Saptaharga.

Advertisement

Rektor UGM, Ova Emilia, dalam sambutannya menyampaikan pergelaran itu mengajak civitas academica menyelami makna filosofis hidup, etika, dan budi pekerti melalui kehidupan sehari-hari. Pagelaran yang melibatkan civitas academica FK-KMK UGM akan memperkaya khazanah budaya UGM.

UGM sebagai pusat kebudayaan berkomitmen melestarikan, memelihara, dan mengembangkan kebudayaan Indonesia. Selain itu, kata Ova, UGM juga merupakan pusat pengembangan inovasi pengetahuan.

"Dalam mengembangkan pengetahuan harus dilandasi etika tanggungjawab dan dasar norma etis kemanusiaan. Agar inovasi yang digulirkan ugm mampu memberikan manfaat bagi masyarakat. Saya menyambut baik pagelaran Wayang Wong dengan lakon Mbangun Pertapan Saptaharga," kata Ova.

Ketua Panitia Temu Alumni FK-KMK, Kondang Usodo menjelaskan pergelaran Mbangun Pertapan Saptaharga bermakna membangun fasilitas pendidikan kesehatan yang komprehensif dan sinergi dari berbagai prodi di FK-KMK UGM untuk melangkah lebih maju lagi.

"Pertunjukan Wayang Wong ini dimainkan oleh para civitas academica. Konsepnya sudah dibuat sejak setahun lalu, sajian tradisional dan pertunjukan wayang, sehingga bisa mengenang masa-masa kuliah dulu," jelasnya.  

Temu Alumni FK-KMK menjadi puncak acara dari rangkaian Dies Natalis ke-77, di mana pemangku acara ini adalah angkatan '86. Sebanyak 35 orang dari lintas angkatan tampil membawakan lakon wayang.

"Para alumni sebelumnya kami tawarkan untuk jadi penampil, dan antusiasmenya sangat tinggi. Kami berharap sinergi antar tenaga kesehatan, perawat kesehatan, gizi, dan dokter bisa harmonis untuk meningkatkan pelayanan kesehatan," paparnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BMKG: Hujan Lebat Terjadi di 32 Provinsi Termasuk DIY

News
| Selasa, 05 Maret 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Bidik Turis Portugal sebagai Pasar Pariwisata

Wisata
| Minggu, 03 Maret 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement