Advertisement

Sering Macet Saat Liburan, Segini Kapasitas Tempat Parkir Bus Wisata di Jogja

Triyo Handoko
Selasa, 07 Maret 2023 - 20:17 WIB
Bhekti Suryani
Sering Macet Saat Liburan, Segini Kapasitas Tempat Parkir Bus Wisata di Jogja Ilustrasi - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA— Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Jogja menyebut total kapasitas tempat parkir bus pariwisata di kota ini mampu menampung 160 kendaraan sekali waktu. Kapasitas tersebut merupakan total dari tiga tempat parkir yang dikelola pemerintah, yaitu Parkiran Senopati, Parkiran Ngabean, dan Parkiran Abu Bakar Ali.

Parkiran Senopati mampu menampung 65 bus pariwisata, Parkiran Ngabean berkapasitas 50 bus pariwisata, dan Parkiran Abu Bakar Ali maksimum menampung 45 bus pariwisata. Dishub Jogja mengelola Parkiran Senopati dan Ngabean, sedangkan Parkiran Abu Bakar Ali dikelola Dishub DIY.

Advertisement

Kepala Dishub Jogja Agus Arif Nugroho menjelaskan kapasitas yang ada masih mencukupi jumlah wisatawan luar daerah yang menggunakan bus pariwisata. “Sejauh ini masih mencukupi, karena kapasitas tersebut untuk sekali waktu dan seringnya bus pariwisata parkir itu jam-jam-an tidak harian,” katanya, Selasa (7/3/2023).

Pernyataan Agus tersebut menanggapi rencana pemindahan lokasi parkir bus pariwisata agar tidak berada di dalam Kota Jogja guna mengurai kemacetan. Menurut Agus, rencana tersebut sebagai langkah yang baik. “Rencananya bagus dan perlu dikaji lebih mendalam lagi terutama dikoordinasikan dengan sektor lain, dalam hal ini Dinas Pariwisata,” jelasnya.

BACA JUGA: Pelindo Siapkan Lahan Relokasi Depo Pertamina Plumpang

Kemacetan yang ditimbulkan bus pariwisata, jelass Agus, juga perlu kajian yang lebih dalam. “Cara mengurai kemacetan ini kan banyak ragamnya selain memindahkan tempat parkir bus pariwisata, manajemen lalu lintas juga bisa dilakukan,” ujarnya.

Parkiran bus pariwisata, jelas Agus, jadi tanggung jawab berbagai sektor termasuk dunia usaha di bidang pariwisata. “Hotel-hotel dan pusat oleh-oleh ini juga sudah bagus manajemen parkirnya terutama untuk bus pariwisata, cukup membantu juga agar bus tidak parkir di bahu jalan,” terangnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement