Advertisement

3 Fakta Menarik Suzume no Tojimari, Tayang di Bioskop Hari Ini

Tri Indah Lestari (ST22)
Rabu, 08 Maret 2023 - 09:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
3 Fakta Menarik Suzume no Tojimari, Tayang di Bioskop Hari Ini Suzume no Tojimari. - IMDb

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Setelah sukses dengan Kimi No Nawa (2016) dan Tenki no Ko (2019) yang menarik perhatian baik penggemar maupun non-penggemar anime, kali ini Makoto Shinkai kembali dengan Suzume no Tojimari yang akan tayang Rabu (8/3/2023) ini di seluruh bioskop di Indonesia.

Berkisah tentang seorang gadis SMA asal Kyushu, Jepang bernama Suzume yang bertemu dengan seorang pemuda misterius yang mencari pintu. Pertemuan itu membawa keduanya pada petualangan menutup pintu interdimensional demi mencegah bencana yang melanda Jepang.

Advertisement

Aktris Nanoka Hara menjadi pengisi suara Suzume sang karakter utama, bersama aktor Hokuto Matsumura. Ada pula deretan Seiyuu (sebutan pengisi suara di Jepang) antara lain Ryunosuke Kamiki, Kana Hanazawa, Kotone Hanase, Matsumoto Hakuou II, dan masih banyak lagi.

Laris Manis di Jepang

Pada 11 November 2022 lalu film ini telah tayang lebih dulu di negara asalnya Jepang. Selama 2 bulan penayangan di negeri Sakura film anime berdurasi 122 menit ini telah menjual 10,48 juta tiket.

Baca juga: Jelajah Kulonprogo, Kunjungi 4 Tempat Wisata Ini!

Total Makoto Shinkai berhasil meraup keuntungan sekitar 13.9 miliar yen atau sekitar Rp157,2 miliar pada penayangan perdana di Jepang 11 November 2022 lalu. Film ketiganya yang meraih keuntungan lebih dari 10 miliar yen setelah Kimi No Nawa dan Tenki no Ko.

Plot yang Mirip dengan dua film sebelumnya

Selain sajian animasi yang menyejukkan mata Makoto Shinkai punya kekhasannya sendiri dalam kisah yang ia tuangkan ke dalam karya filmnya. Struktur cerita Suzume no Tojimari mengikuti struktur tiga babak yang serupa dengan Kimi no Nawa dan Tenki no Ko.

Dimana babak pertama menampilkan hal-hal supernatural dan diselingi dengan komedi ringan. Babak kedua, mulai lebih serius setelah secara perlahan ancaman-ancaman mulai terungkap dan tampaknya terselesaikan. Terakhir babak ketiga momen menghadapi konsekuensi tak terduga dan penyingkapan babak kedua oleh pemeran utama sekaligus pahlawan yang berjuang berjuang meraih kembali apa yang telah hilang.

Satu hal yang berbeda dengan film sebelumnya, kisah Suzume terdapat villain yakni Daijin, seekor kucing putih yang membuat penonton bertanya-tanya dan menambah kesan misterius pada film.

Berasal dari gabungan kisah mitologi Jepang

Seperti halnya Indonesia negara Jepang kerap kali dilanda gempa bumi besar maupun kecil. Dalam film ini banyak menampilkan gempa bumi dimana pada kisah mitologi Jepang gempa tersebut disebabkan oleh naga dan belut raksasa disebut namasu yang berkeliaran di bawah tanah dan menyebabkan gempa bumi. Makoto Shinkai memilih cacing tanah raksasa sebagai penggambaran dari namasu ini.

Jepang juga percaya bahwa kucing mampu membawa manusia ke alam atau dunia lain, yang dihadirkan sebagai Daijin pada film. Kucing juga diyakini pembawa keberuntungan dan perlindungan, salah satu alasan patung maneki-neko–inspirasi bentuk asli Daijin–banyak ditemui di Jepang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tok! KPK Resmi Tetapkan 2 Orang Tersangka Dugaan Korupsi Jual Beli Gas PT PGN

News
| Jum'at, 21 Juni 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja, Pasar Beringharjo Gudangnya Makanan Legendaris

Wisata
| Selasa, 18 Juni 2024, 17:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement