Advertisement

Lawan Rentenir, Ini Cara Jitu menurut OJK

Hadid Husaini
Senin, 13 Maret 2023 - 21:07 WIB
Arief Junianto
Lawan Rentenir, Ini Cara Jitu menurut OJK Ilustrasi dana. - Bisnis Indonesia/Dwi Prasetya

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) diminta memanfaatkan kredit skim yang dikeluarkan oleh lembaga keuangan resmi. Hal itu penting untuk menghindarkan mereka dari jeratan rentenir.

Kepala OJK DIY, Parjiman tak memungkiri bahwa hingga kini masih banyak pelaku UMKM yang memanfaatkan jasa rentenir untuk mendapatkan akses permodalan. Salah satu iming-imingnya adalah kemudahan dan kecepatan pencairan dana.

Advertisement

Itulah sebabnya, dia meminta semua pihak, termasuk para pelaku UMKM untuk lebih cerdas dalam memilih jasa peminjaman modal.

“Kami bersama TPAKD [Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah] mengeluarkan general model kredit pembiayaan melawan rentenir [KPMR] dan meminta jasa keuangan untuk mengeluarkan kredit skim,” ujar Parjiman, Sabtu (11/3/2023).

BACA JUGA: Suku Bunga Simpanan dan Kredit Bank Merangkak Naik!

Parjiman menyebutkan beberapa skim yang dikeluarkan oleh perbankan seperti seperti Meraih Mimpi (Merapi) yang dikeluarkan oleh bank-bank annggota Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo). Ada juga Kredit Pemberdayaan Ekonomi Daerah (PEDE) yang dikeluarkan oleh Bank BPD DIY.

“Bisa memanfaatkan Kurda [Kredit Usaha Rakyat Daerah] yang dikeluarkan oleh BPR Gunungkidul dan Kerisku [Kredit Mikro Istimewa Kulon Progo] yang bunganya disubsidi oleh APBD Kulonprogo,” ujar Parjiman.

Sementara untuk teknologi finansial (tekfin), dia meminta masyarakat untuk berhubungan dengan perusahaan yang memiliki izin dari OJK. “Hal yang tak kalah penting, masyarakat harus memperhitungkan kebutuhan dan kemampuan pinjaman sehingga dapat memicu macetnya kredit,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Jadi Tersangka KPK, Begini Tanggapan Cak Imin

News
| Rabu, 17 April 2024, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement