Advertisement

Bantul Optimistis Raih Lagi Juara Umum Popda DIY Tahun Ini

Ujang Hasanudin
Senin, 13 Maret 2023 - 21:17 WIB
Arief Junianto
Bantul Optimistis Raih Lagi Juara Umum Popda DIY Tahun Ini Ilustrasi. - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL — Kontingen Bantul optimistis tahun ini kembali meraih juara umum dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) DIY yang akan diselenggarakan pada 14-18 Maret mendatang.

Sebelumnya, Bantul menjadi juara umum Popda tujuh kali berturut-turut sejak ajang olahraga antarpelajar tersebut digulirkan tahun 2014 lalu.

Advertisement

Kali terakhir atau pada 2022 lalu kontingen Bantul meraih juara umum Popda DIY dengan perolehan 222 medali, rinciannya 92 medali emas, 62 medali perak, dan 68 medali perunggu. Adapun peringkat kedua hingga keempat ditempati oleh Jogja, Sleman, Kulonprogo, dan Gunungkidul.

“Tahun ini kami optimistis kembali meraih juara umum kedelapan kalinya dalam ajang Popda DIY 2023,” kata Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Bantul, Isdarmoko, di sela-sela Pelepasan Atlet dan Official Popda DIY 2023 Kontingen Bantul di Pendopo Parasamya, Kompleks Pemkab Bantul, Senin (13/3/2023).

BACA JUGA: Ratusan Kontingen Kulonprogo Siap Beradu di POPDA

Isdarmoko mengatakan dalam ajang Popda DIY tahun ini mempertandingkan 29 cabang olahraga (Cabor) yang akan diselenggrakan di beberapa venue di kabupaten dan kota se-DIY. Dalam ajang tersebut pihaknya mengirimkan sebanyak 486 atlet dan official. Menurutnya hampir semua Cabor menjadi andalan karena terbukti bisa meraih juara umum berturut-turut.  

Meski demikian, Disdikpora sudah melakukan penggemblengan semua atlet yang akan diikutkan dalam Popda DIY terrsebut. Atlet yang diikutsertakan merupakan atlet terpilih dalam ajang Popda Bantul yang diselenggarakan pada 8-15 Februari lalu. Selain itu berbagai persiapan juga sudah dilakukan.

Dia berharap melalui ajang Popda DIY nanti muncul bibit-bibit atlet daerah dari Bantul untuk diikutkan dalam ajang lebih tinggi seperti Pekan Olahraga Daerah (Porda) DIY, Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) hingga Pekan Olahraga Nasional (PON), bahkan sampai ajang internasional.

“Popda ini sebagai bagian dari pengkaderan dengan harapan nanti Bantul bermunculan atlet untuk ikut ke tingkat lebih tinggi,” ujarnya.

Isdarmoko menambahkan dalam Popda DIY tahun ini pihaknya sudah menyiapkan bonus sebesar Rp850 juta untuk para peraih medali.

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih mengaku bangga karena Bantul bisa meraih juara umum tujuh kali berturut-turut dalam ajang Popda. “Mari pertahankan dan tingkatkan prestasi tersebut, baik dalam ajang Popda maupuan kompetisi lainnya. Jangan sampai jadi kampium-kampium di usia junior, namun saat berkompetisi pada ajang yang lebih senior prestasinya turun,” katanya.

Halim juga berpesan kepada semua atlet dan ofisial menjaga jiwa sportivitas, kesetiakawanan dan kejujuran sebagai landasan dalam mengikuti Popda.

“Saya ucapkan selamat berjuang dan berlomba dalam Popda 2023. Terus semangat, jaga kesehatan dan giat berlatih. siapkan fisik, mental dan strategi terbaik. Semoga  dapat mengukir prestasi terbaik dengan menjadi juara umum,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sejarah Pasar Tanah Abang, Berusia Nyaris 3 Abad Kini Mulai Meredup

News
| Minggu, 24 September 2023, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Hidden Gem di Utara Jogja, Tempat Nongkrong dengan Vibes Bali Pernah Didatangi Artis

Wisata
| Minggu, 24 September 2023, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement