Advertisement

BMKG Peringatkan Potensi Cuaca Ekstrem Maret Sampai April di Jogja

Anisatul Umah
Selasa, 14 Maret 2023 - 17:17 WIB
Bhekti Suryani
BMKG Peringatkan Potensi Cuaca Ekstrem Maret Sampai April di Jogja Ilustrasi cuaca ekstrem - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMANBadan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY mengimbau masyarakat untuk waspada cuaca ekstrem selama pancaroba Maret hingga April 2023. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Stasiun Meteorologi BMKG Yogyakarta Warjono.

Dia mengatakan potensi cuaca ekstrem selama musim pancaroba seperti hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat, angin kencang, hujan es, hingga angin puting beliung.

Advertisement

Oleh karena itu, kepada masyarakat dan pemerintah daerah harus waspada pada potensi terjadinya longsor, banjir, banjir bandang, serta kerusakan akibat sambaran kilat, angin kencang, hujan es, dan angin puting beliung di wilayah DIY. Khususnya pada siang atau sore hari hingga menjelang malam.

"Oleh karena itu diharapkan masyarakat berhati-hati jika beraktivitas di luar rumah, serta mencari informasi dan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait kebencanaan," ucapnya, Selasa (14/3/2023).

Dia menjelaskan berdasarkan analisis dinamika atmosfer terkini, BMKG memprediksi fenomena La-Nina pada Maret 2023 masih dalam kondisi netral hingga semester pertama 2023. Diprediksi akan beralih menjadi El-Nino pada awal semester kedua dengan peluang kejadian 50-60 persen.

"Selain itu anomali suhu muka laut perairan Indonesia pada Maret hingga Mei 2023 didominasi kondisi normal dan akan beralih menuju anomali positif (hangat) pada Juni hingga Agustus 2023," jelasnya.

BACA JUGA: Tim Arkeolog Temukan Saluran Air Kuno di Situs Kraton Pleret

Lebih lanjut dia menyampaikan Monsun Australia mulai masuk wilayah selatan Ekuator pada Mei 2023 dengan intensitas relatif sama dengan pola normalnya. Dengan kondisi tersebut dan diperkuat dengan labilitas lokal terutama pada siang hingga sore hari.

"Masyarakat hendaknya memperbarui informasi terkait kondisi cuaca terkini melalui media massa maupun media sosial resmi BMKG infobmkgyia dan www.stamet.yogya.bmkg.go.id," ucapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenag Ingin Pesawat Angkutan Haji Tidak Lagi Delay

News
| Sabtu, 25 Mei 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Kyoto Jepang Larang Turis Kunjungi Distrik Geisha di Gion, Ini Alasannya

Wisata
| Kamis, 23 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement