Advertisement

Capaian Booster Dua Kota Jogja Baru 11,32 Persen

Anisatul Umah
Jum'at, 17 Maret 2023 - 19:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Capaian Booster Dua Kota Jogja Baru 11,32 Persen Vaksinasi dosis ketiga yang digelar DPC PDIP Sleman / Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Jogja mencatat capaian booster kedua atau vaksin dosis empat baru 11,32 persen. Sementara booster pertama mencapai 121,58 persen.

Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit dan Pengelolaan Data dan Sistem Informasi Kesehatan Dinkes Kota Jogja, Lana Unwanah mengatakan di Kota Jogja minat masyarakat untuk vaksin cukup tinggi, khususnya booster pertama. Setelah ada surat edaran jadi syarat perjalanan.

Advertisement

"Cakupan vaksin dosis ketiga 121,58 persen, dosis empat 11,32 persen," ucapnya kepada Harianjogja.com, Jumat (17/3/2023).

Dia menjelaskan layanan vaksinasi bisa diakses di Puskesmas, Rumah Sakit (RS) dan klinik. Dinkes Kota Jogja mengimbau kepada masyarakat untuk tetap vaksin meski kasus Covid-19 sudah landai.

Baca juga: Sederet Tempat Wisata Gratis Jogja yang Cocok untuk Buka Puasa

"Imbauan kepada masyarakat, meski kasus Covid sudah landai, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sudah dicabut, tapi hendaknya tetap Prokes, dan lakukan vaksinasi Covid untuk mempertahankan kekebalan komunitas," jelasnya.

Salah satu warga Kota Jogja, Alina mengatakan ada dua alasan pada memilih untuk vaksin booster kedua. Pertama sebagai usaha preventif agar tidak sakit dan kedua untuk jaga-jaga jika sewaktu-waktu kebijakan pemerintah berubah.

Saat ini syarat perjalanan masih vaksin booster pertama, sehingga jika syaratnya tiba-tiba berubah jadi booster kedua tidak perlu repot-repot vaksin lagi. Menurutnya ini persiapan untuk jangka panjang.

"Saya mantau jadwal di Dinas Kesehatan DIY, nyari jadwal nemu di Puskesmas Banguntapan III pas ke sana kuotanya 30 dan susah habis. Lalu cek di Dinas DIY ternyata buka sentra saya vaksin di situ," ucapnya.

Dia mendapatkan vaksin Pfizer. Setelah vaksin beberapa hari lalu menurutnya tidak ada keluhan apapun. "Saya suka pergi-pergi dan kebijakan pemerintah suka berubah jadi prepare aja," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Iran Serang Israel, Korea Selatan Keluarkan Peringatan Perjalanan

News
| Selasa, 16 April 2024, 14:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement