Advertisement

Workshop Ecoprint, Penanda Dimulainya Kampung Alfamart Sahabat Bumi

Media Digital
Senin, 20 Maret 2023 - 15:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Workshop Ecoprint, Penanda Dimulainya Kampung Alfamart Sahabat Bumi Kampung Alfamart Sahabat Bumi di Dusun Ledok Tinjon, Kabupaten Sleman Yogyakarta. Kegiatan pemberdayaan masyarakat dengan teknik ecoprint seni rupa dengan memanfaatkan bahan alam, di aplikasikan pada Tas Ramah Lingkungan, Senin 20 Maret 2023. - Ist

Advertisement

SLEMANBertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional, Alfamart menandai dimulainya program Kampung Alfamart Sahabat Bumi di Dusun Ledok Tinjon, Kabupaten Sleman Yogyakarta. Di kampung itu, Alfamart mengadakan kegiatan pemberdayaan masyarakat dengan teknik ecoprint seni rupa dengan memanfaatkan bahan alam, di aplikasikan pada tas ramah lingkungan sehingga menjadi barang yang bernilai ekonomis.

Corporate Communications GM Alfamart, Rani Wijaya mengungkapkan bahwa Program Kampung Alfamart Sahabat Bumi adalah program CSR berkelanjutan dari Alfamart di bidang lingkungan, yakni dengan memberdayakan kampung yang berorientasi kepada kelestarian lingkungan.

Advertisement

“Tujuan kami adalah membentuk kampung yang mempunyai ekosistem sosio lingkungan ekonomi, dimana mereka punya kesadaran akan lingkungan yang lestari ternyata juga menunjang perekonomian sehari-hari,” jelasnya dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Senin (20/3/2023). 

Tujuan tersebut ternyata sejalan dengan tema HPSN 2023 Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup yakni ‘Tuntas Kelola Sampah untuk Kesejahteraan Masyarakat’. Prinsip pengelolaan sampah berkelanjutan dan berintegrasi diyakini mampu menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

4 Kelompok kegiatan yang akan berjalan sepanjang tahun 2023 di Kampung Alfamart Sahabat Bumi antara lain: pengurangan pemakaian plastik sekali pakai (reducing), daur ulang limbah menjadi barang baru yang bisa dimanfaatkan (recycling) , pemberdayaan masyarakat setempat untuk mengelola limbah (empowerment) dan penanaman pohon produktif (replanting).

“Pasti akan ada banyak kegiatan turunan saat pelaksanaan dari 4 kelompok kegiatan itu. Seperti fasilitas bank sampah, pembangunan rumah bibit, konservasi air, pembuatan taman TOGA , dan sebagainya. Itu akan bervariasi sesuai kondisi dan kebutuhan di masing-masing kampung,” tambah Rani.

Alfamart mengajak kerja sama dengan Komunitas Pelatihan Ecoprint Ledok Tinjon dan Universitas dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM. Mereka menyambut baik ajakan Alfamart tersebut. “Menyusul akan ada banyak kampung lainnya yang akan bersinergi dengan Kampung Alfamart Sahabat Bumi yang berjalan berkelanjutan sepanjang tahun”, jelas Rani.

“Kami tentu terbuka dan senang bisa bekerja sama dengan Alfamart karena selama satu tahun penuh ke depan akan ada banyak pemberdayaan yang bisa kami lakukan demi kampung kita ini, “ jelas Suhadi Kepala Dusun Madurejo, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Dengan adanya dukungan dari Alfamart diharapkan hasil nyata dari kampung yang sadar lingkungan serta mandiri akan dirasakan manfaat positifnya oleh warga setempat, sehingga bisa menjadi untuk kampung lainnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Suplemen Diet Jepang Akibatkan 100 Orang Dirawat dan Lima Orang Meninggal

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement