Advertisement

Ditinggal Salat Subuh di Awal Ramadan, Rumah Warga Gedangsari Ludes Terbakar

David Kurniawan
Kamis, 23 Maret 2023 - 12:17 WIB
Sunartono
Ditinggal Salat Subuh di Awal Ramadan, Rumah Warga Gedangsari Ludes Terbakar Warga bersama dengan aparat keamanan dari TNI dan Polri melakukan kerja bakti membersihkan puing-puing rumah yang terbakar di Kalurahan Ngalang, Gedangsari. Kamis (23/3/2023). - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Rumah milik Agus Santoso,45, di Dusun Karangayar, Ngalang, Gedangsari, Gunungkidul terbakar pada Kamis (23/3/2023) sekitar pukul 04.30 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, tapi korban harus menderita kerugian material hingga ratusan juta rupiah.

Kapolsek Gedangsari, AKP Suryanto mengatakan, peristiwa kebakaran pertama kali oleh tetangga korban yang kebetulan sedang keluar rumah. Saksi melihat rumah Agus sudah mulai terbakar.

Advertisement

“Saksi sempat mendobrak pintu rumah untuk mencari pemilik, tapi ternyata sedang shalat berjamaah di musala. Seketika itu, langsung membunyikan kentongan untuk meminta pertolongan bagi warga sekitar,” kata Suryanto kepada wartawan, Kamis siang.

BACA JUGA : Belum Setahun, 42 Kebakaran Terjadi di Gunungkidul

Meski demikian, upaya warga untuk memadamkan tidak membuahkan hasil yang maksimal. Pasalnya, ketersediaan air yang minim membuat rumah tersebut ludes terbakar.

“Sekitar pukul 06.00 WIB api padam setelah membakar seluruh isi bangunan. Upaya pemadaman memang difokuskan agar tidak menjalar ke rumah warga lainnya,” katanya.

Suryanto memastikan di dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa. Meski demikian, berdasarkan hasil identifikasi di lapangan ada kerugian material karena lalapan si jago merah.

Kerugian materi tersebut di antaranya uang tunai senilai Rp1,5 juta; perhiasan; alat elektronik serta bangunan rumah. “Total diperkirakan jumlah kerugian mencapai Rp150 juta,” kata Suryanto.

BACA JUGA : Sanggar Kesenian di Wonosari Terbakar, Pemilik Rugi Jutaan

Disinggung penyebab kebakaran, ia belum bisa memastikan. Namun, diduga kuat kebakaran terjadi dikarenakan adanya hubungan pendek arus listrik. “Kemungkinan ada korsleting sehingga memincu terjadinya kebakaran,” katanyanya.

Kasubag Humas Polres Gunungkidul, Iptu Suranto mengatakan, sudah mendapatkan laporan berkaitan dengan peristiwa kebakaran di Kalurahan Ngalang, Gedangsari. Ia berharap peristiwa ini menjadi pelajaran bersama sehingga kasus yang sama tidak terulang.

Oleh karena itu, ia meminta kepada masyarakat untuk terus berhati-hati. Selain itu, guna mengurangi risiko kebakaran diminta rutin mengecek instalasi listrik yang dimiliki.

“Jangan lupa pada saat meninggalkan rumah juga dipastikan kompor dalam keadaan mati,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Gempur Rokok Ilegal

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bocah 13 Tahun Tewas Diduga Disiksa Polisi, KPAI: Masih Ada Korban Lainnya Alami Penyiksaan

News
| Selasa, 25 Juni 2024, 01:37 WIB

Advertisement

alt

Inilah Rute Penerbangan Terpendek di Dunia, Naik Pesawat Hanya Kurang dari 2 Menit

Wisata
| Sabtu, 22 Juni 2024, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement